Penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedurs (CUPs) dalam pembelajaran Matematika untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa : Penelitian eksperimen pada pokok bahasan himpunan di MTs Al-Wasiilah Cilawu Garut kelas VII Semester Genap

Ramdhani, Achmad (2015) Penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedurs (CUPs) dalam pembelajaran Matematika untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa : Penelitian eksperimen pada pokok bahasan himpunan di MTs Al-Wasiilah Cilawu Garut kelas VII Semester Genap. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text
bab iv ini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (a) Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs), (b) Hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (c) peningkatan hasil belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs), (d) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Penelitian ini dilakukan di kelas VII MTs Al-Wasiilah Cilawu Garut, pada pokok bahasan Himpunan. Untuk pengambilan data, peneliti mengambil populasi seluruh siswa kelas VII. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik purposive sampling, Sehingga didapat sample kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran CUPs dan VII A sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari soal pretes, postes, LKS, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta lembar skala sikap siswa untuk melihat sikap siswa terhadap model pembelajaran CUPs. Hasil yang diperoleh pada aktivitas guru dan siswa pada kelas VII B memiliki rerata terbesar pada aspek minat siswa terhadap pembelajaran yaitu sebesar 100% pada tiap pertemuannya. Peran guru sebagai motivator dan fasilitator menunjukkan peningkatan pada tiap pertemuannya. Berdasarkan pengolahan data pada nilai postes dengan menggunakan uji t diperoleh hasil bahwa hasil belajar dengan model pembelajaran CUPs tidak lebih baik dari pada hasil belajar dengan pembelajaran konvensional. Walaupun begitu rata-rata nilai postes siswa pada tiap kelas memiliki kriteria baik. Selain itu sikap siswa pada pembelajaran dengan model CUPs menunjukkan respon yang positif hal ini terlihat dari rata-rata sikap siswa untuk setiap indikator selalu lebih besar dari sikap netral. Dapat terlihat pula dari hasil persentase sikap secara keseluruhan pada kelas eksperimen menunjukkan sebagian besar siswa merespon positif terhadap pembelajaran dengan model CUPs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; Conceptual Understanding Procedurs (CUPs); pembelajaran Matematika; Hasil Belajar siswa;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: seuseu seuseu
Date Deposited: 30 Sep 2025 03:35
Last Modified: 30 Sep 2025 03:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112655

Actions (login required)

View Item View Item