Rido, Muhammad Fauzan (2025) Penggunaan metode ummi berbantuan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an: Penelitian Quasi Experiment di kelas VII C SMP Al-Amanah Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text (PLAGIARISM)
PLAGIARISM 2.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (410kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_ bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (623kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (640kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode Ummi berbantuan media akun YouTube terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII C di SMP Al-Amanah Kabupaten Bandung. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, yang ditunjukkan melalui kesalahan dalam tajwid, makharijul huruf, dan pelafalan. Metode ceramah yang selama ini digunakan belum mampu memberikan peningkatan signifikan dalam keterampilan membaca Al-Qur’an. Sebagai alternatif, penelitian ini mengintegrasikan Metode Ummi dengan media audio visual YouTube yang dinilai mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMP Al-Amanah Bandung sebelum penggunaan Metode Ummi berbantuan media audio visual? dan (2) Bagaimana kemampuan membaca Al-Quran siswa di SMP Al-Amanah Bandung setelah menggunakan metode Ummi berbantuan media audio visual? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen jenis one group pre-test post-test design. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa kelas VII C SMP Al-Amanah Kabupaten Bandung. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan membaca Al-Qur’an yang mencakup indikator tajwid, makharijul huruf, dan kelancaran membaca. Data dianalisis menggunakan uji t untuk melihat perbedaan hasil pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca Al-Qur’an siswa setelah diterapkan Metode Ummi berbantuan akun YouTube. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel pada taraf signifikansi 0,05. Dengan deskriptif pre-test memperoleh hasil 58,10 sedangkan deskriptif post-test memperoleh hasil 99,60. Dapat dilihat dari hasil tersebut bahwa metode Ummi berbantuan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Ummi melalui media akun YouTube memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi pembelajaran Al-Qur’an yang relevan dengan kebutuhan peserta didik di era digital, serta menjadi rujukan bagi guru dalam mengintegrasikan metode pembelajaran klasik dengan media teknologi secara efektif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode ummi; Youtube; Kemampuan membaca Al-Qur'an |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Fauzan Rido |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 04:26 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 04:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114013 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |