Penerapan metode pembelajaran Peer Teaching untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian di SMP Plus Sindang Resmi Kota Bandung

Sari, Endah Mutiara (2025) Penerapan metode pembelajaran Peer Teaching untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian di SMP Plus Sindang Resmi Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Karya Asli Bermaterai dan TTD.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
SURAT LAPORAN TELAH MELAKSANAKAN PENELIT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ada di SMP Plus Sindang Resmi Kota Bandung, yakni kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI BP. Dilihat dari kurangnya kemampuan mereka dalam memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menarik kesimpulan, serta sulitnya berinteraksi saat proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang lebih kreatif dan melibatkan partisipan untuk mendorong pemikiran kritis siswa salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaran Peer Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan metode pembelajaran peer teaching untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI BP di SMP Plus Sindang Resmi Kota Bandung. 2) kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI BP di SMP Plus Sindang Resmi Kota Bandung. 3) pengaruh penerapan metode pembelajaran peer teaching untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI BP di SMP Plus Sindang Resmi Kota Bandung. Penelitian ini berdasarkan pada teori bahwa menggunakan metode pembelajaran peer teaching sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran yang lainnya. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah penerapan metode pembelajaran peer teaching dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI BP di SMP Plus Sindang Resmi Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode peer teaching pada mata pelajaran PAI BP di kelas IX SMP Plus Sindang Resmi Kota Bandung berjalan efektif melalui tiga tahapan pertemuan. Metode ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan sebagai tutor sebaya, yang mendorong pemahaman materi secara lebih mendalam. Kegiatan ini menciptakan suasana belajar yang interaktif, di mana siswa tidak hanya menerima penjelasan dari guru, tetapi juga aktif berdiskusi dan menyampaikan pendapatnya. 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di kelas eksperimen yang menggunakan metode peer teaching mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis dibandingkan dengan siswa di kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Rata-rata skor N-Gain di kelas eksperimen mencapai 90,63%, yang termasuk kategori sangat efektif, sedangkan di kelas kontrol hanya 7,05%, yang tergolong tidak efektif. 3) Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Independent Samples t-Test melalui program SPSS versi 22, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa metode peer teaching memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Peer Teaching; Kemampuan Berpikir kritis Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ENDAH MUTIARA SARI
Date Deposited: 05 Aug 2025 01:46
Last Modified: 05 Aug 2025 04:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114044

Actions (login required)

View Item View Item