Hubungan manajemen konflik dengan produktivitas kerja pendidik: Penelitian di Madrasah Aliyah Al-Inayah Kota Bandung

Rinjani, Neneng Siti Mita (2025) Hubungan manajemen konflik dengan produktivitas kerja pendidik: Penelitian di Madrasah Aliyah Al-Inayah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism..pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Konflik antar pendidik dapat menurunkan produktivitas kerja, terutama akibat ketidakmerataan tugas tambahan, perbedaan metode pembelajaran, dan komunikasi yang kurang efektif. Ketimpangan ini menimbulkan persepsi ketidakadilan dan menurunkan motivasi kerja. Selain itu, hambatan dalam pengembangan diri seperti minimnya pelatihan dan keterbatasan penguasaan teknologi turut menghambat kinerja. Manajemen konflik yang tepat dibutuhkan untuk menciptakan suasana kerja yang kondusif dan mendorong peningkatan profesionalisme pendidik. Penelitian ini bertujuan (1) mengungkap skor manajemen konflik di Madrasah Aliyah Al-Inayah Kota Bandung (2) mengungkap skor produktivitas kerja pendidik di Madrasah Aliyah Al-Inayah Kota Bandung (3) menunjukkan skor hubungan manajemen konflik dengan produktivitas kerja pendidik di Madrasah Aliyah Al-Inayah Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah angket (kuesioner) yang terdiri dari 33 item pernyataan dan empat jawaban terstruktur kepada 33 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini diantaranya: uji coba instrumen penelitian (validitas dan reliabilitas), analisis statistik deskriptif (analisis parsial per indikator dan interpretasi data), uji asusmsi klasik (normalitas dan linearitas), dan uji hipotesis (uji korelasi dan uji koefisien determinasi) yang diolah menggunakan SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen konflik di Madrasah Aliyah Al-Inayah Kota Bandung di kategorikan cukup dengan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,02 dan produktivitas kerja pendidik di Madrasah Aliyah Al-Inayah Kota Bandung dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,17. Kemudian terdapat hubungan siginifikan antara manajemen konflik dengan produktivitas kerja pendidik, dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,583. Artinya 58,3% produktivitas kerja dipengaruhi oleh manajemen konflik, sementara sisanya 41,7 % oleh faktor lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konflik; Produktivitas Kerja; Pendidik
Subjects: General Management
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Neneng Siti Mita Rinjani
Date Deposited: 07 Aug 2025 08:00
Last Modified: 07 Aug 2025 08:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114378

Actions (login required)

View Item View Item