Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbasis web game bamboozle terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP): Penelitian pada siswa kelas X Kimia Analis di SMKN 13 Bandung

Nurpatriani, Alda (2025) Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbasis web game bamboozle terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP): Penelitian pada siswa kelas X Kimia Analis di SMKN 13 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Di SMKN 13 Bandung kelas X Kimia Analis telah diterapkan pembelajaran PAI-BP dengan Model pembelajaran TGT berbais web game bamboozle. Dengan menggunakan langkah-langkah dari Model TGT berbasis game Bamboozle dengan baik. Model pembelajaran TGT ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Namun pada kenyataannya di SMKN 13 Bandung kelas X Kimia Analis ditemukan bahwa motivasi belaajar mereka masih rendah khususnya di mata pelajaran PAI BP. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbasis web game Bamboozle kelas x kimia analis di SMKN 13 Bandung, mata pelajaran PAI-BP, 2) Motivasi belajar siswa kelas x kimia analis di SMKN 13 Bandung, mata pelajaran PAI-BP, 3) Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbasis web game Bamboozle terhadap motivasi belajar siswa kelas x kimia analis SMKN 13 Bandung, mata pelajaran PAI-BP. Salah satu faktor motivasi belajar rendah itu dikarenakan ada pembelajaran yang membosankan, Model pembelajaran teams games tournament (TGT) apalagi jika di bantu game pada web Bamboozle aspek motivasi belajar siswa meningkat. Sehingga, hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran teams games tournament terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI-BP. Penelitian ini menggunakan pendekatan statistik dengan metode kuantitatif korelasi. Sumber data penelitian adalah siswa kelas X Kimia Analis di SMKN 13 Bandung dengan populasi 213 Siswa dan diambil sampel 43 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui angket, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah analisis parsial, analisis regresi, analisis korelasi, uji hipotesis, dan derajat pengaruh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: 1) Penerapan Model pembelajaran Team game tournament (TGT) berbasis Web game bamboozle diperoleh nilai rata-rata dari keseluruhan indikator adalah 3,52. Angka tersebut termasuk dalam kategori tinggi karena berada pada skala 3,40 – 4,19. 2) Pada aspek motivasi belajar diperoleh nilai rata-rata dari keseluruhan sebesar 2,98. Angka tersebut termasuk dalam kategori sedang karena berada pada skala 2,60 – 3,39. 3) Pengaruh model pembelajaran TGT berbasis web game Bamboozle terhadap motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori sedang. Adapun kontribusinya sebesar 31% sedangkan 69% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti lebih dalam di penelitian ini, Adapun hasil perhitungan koefisien korelasi didapat 0,52 berada pada interval 0,40 – 0,70 korelasi sedang. Hasil perhitungan hipotesis diperoleh thitung > ttabel atau 4,321 > 1,682 maka Ha diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Teams Games Tournament Bamboozle, Motivasi Belajar
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alda Nurpatriani
Date Deposited: 08 Aug 2025 03:05
Last Modified: 08 Aug 2025 03:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114401

Actions (login required)

View Item View Item