Sari, Ratna (2025) Penerapan strategi pembelajaran ELPSA (Experience, Language, Pictorial, Symbol, And Application) berbantuan Prezi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self-Efficacy peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text (BEBAS PLAGIARISME)
PLAGIARISME.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAKK.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (609kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi ELPSA (Experience, Language, Pictorial, Symbol, and Application) berbantuan Prezi terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy peserta didik. Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMPN 72 Bandung dengan menggunakan metode quasi-eksperimen dan desain non-equivalent control group. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara purposive, yaitu satu kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan strategi ELPSA dan satu kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan mencakup lembar observasi guru dan peserta didik, tes kemampuan komunikasi matematis yang diberikan kepada kedua kelas, serta angket self-efficacy yang diberikan hanya kepada kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses penerapan strategi pembelajaran ELPSA berbantuan Prezi berada pada kategori sangat baik; (2) Kemampuan komunikasi matematis peserta didik setelah diterapkan strategi ELPSA berada pada kategori tinggi; (3) Kemampuan komunikasi matematis peserta didik setelah diterapkan pembelajaran konvensioal berada pada kategori sedang; (4) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol; dan (5) self-efficacy peserta didik kelas eksperimen menunjukkan respon cukup positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ELPSA; Kemampuan Komunikasi Matematis; Prezi; Self-efficacy |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Algebra > Algebra Combined with Other Brances Geometry > Plane Geometry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | RATNA SARI RATNA SARI |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 03:01 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 03:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114613 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |