Penerapan strategi pembelajaran ELPSA (Experience, Language, Pictorial, Symbol, And Application) berbantuan Prezi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self-Efficacy peserta didik

Sari, Ratna (2025) Penerapan strategi pembelajaran ELPSA (Experience, Language, Pictorial, Symbol, And Application) berbantuan Prezi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self-Efficacy peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BEBAS PLAGIARISME)
PLAGIARISME.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAKK.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text (BAB IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi ELPSA (Experience, Language, Pictorial, Symbol, and Application) berbantuan Prezi terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy peserta didik. Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMPN 72 Bandung dengan menggunakan metode quasi-eksperimen dan desain non-equivalent control group. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara purposive, yaitu satu kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan strategi ELPSA dan satu kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan mencakup lembar observasi guru dan peserta didik, tes kemampuan komunikasi matematis yang diberikan kepada kedua kelas, serta angket self-efficacy yang diberikan hanya kepada kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses penerapan strategi pembelajaran ELPSA berbantuan Prezi berada pada kategori sangat baik; (2) Kemampuan komunikasi matematis peserta didik setelah diterapkan strategi ELPSA berada pada kategori tinggi; (3) Kemampuan komunikasi matematis peserta didik setelah diterapkan pembelajaran konvensioal berada pada kategori sedang; (4) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol; dan (5) self-efficacy peserta didik kelas eksperimen menunjukkan respon cukup positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: ELPSA; Kemampuan Komunikasi Matematis; Prezi; Self-efficacy
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Algebra > Algebra Combined with Other Brances
Geometry > Plane Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: RATNA SARI RATNA SARI
Date Deposited: 12 Aug 2025 03:01
Last Modified: 12 Aug 2025 03:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114613

Actions (login required)

View Item View Item