Zahra, Azkia Hilmiyatuz (2025) Analisis kemampuan representasi matematis siswa menyelesaikan masalah kontekstual materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari teori gaya berpikir Gregorc: Penelitian di MTs Pasanggrahan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_SK Bebas Plagiarism.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_Bab I.pdf Download (324kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Representasi matematis dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah kontekstual SPLDV. Namun, masih banyak siswa yang memiliki kemampuan representasi matematis rendah karena dipengaruhi beberapa faktor yaitu gaya berpikir setiap siswa yang berbeda. Karena hal itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kategori kemampuan representasi matematis, kemampuan dalam menyelesaikan masalah kontekstual SPLDV dan pencapaian siswa pada setiap indikator ditinjau dari gaya berpikir Gregorc. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Penggunaan metode deskriptif dimaksudkan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa berdasarkan gaya berpikir Gregorc dalam menyelesaikan masalah kontekstual SPLDV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kategori tingkat kemampuan representasi matematis siswa gaya berpikir SK, AK dan AA kurang baik sedangkan SA agak baik. Untuk kemampuan representasi matematis pada setiap indikator gaya berpikir SA dominan pada representasi simbolik dan verbal, sementara SK cenderung pada verbal dan visual. AK dan AA hanya muncul pada representasi visual. Pencapaian siswa SK, SA, AK dan AA cenderung lebih baik dalam representasi visual daripada dua indikator lainnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Representasi Matematis; Gaya Berpikir Gregorc; SPLDV |
Subjects: | Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Azkia Hilmiyatuz Zahra |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 07:09 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 07:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114806 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |