Analisis kemampuan representasi matematis siswa menyelesaikan masalah kontekstual materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari teori gaya berpikir Gregorc: Penelitian di MTs Pasanggrahan

Zahra, Azkia Hilmiyatuz (2025) Analisis kemampuan representasi matematis siswa menyelesaikan masalah kontekstual materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari teori gaya berpikir Gregorc: Penelitian di MTs Pasanggrahan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_SK Bebas Plagiarism.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_Bab I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text (BAB III)
7_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text (BAB IV)
8_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Representasi matematis dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah kontekstual SPLDV. Namun, masih banyak siswa yang memiliki kemampuan representasi matematis rendah karena dipengaruhi beberapa faktor yaitu gaya berpikir setiap siswa yang berbeda. Karena hal itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kategori kemampuan representasi matematis, kemampuan dalam menyelesaikan masalah kontekstual SPLDV dan pencapaian siswa pada setiap indikator ditinjau dari gaya berpikir Gregorc. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Penggunaan metode deskriptif dimaksudkan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa berdasarkan gaya berpikir Gregorc dalam menyelesaikan masalah kontekstual SPLDV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kategori tingkat kemampuan representasi matematis siswa gaya berpikir SK, AK dan AA kurang baik sedangkan SA agak baik. Untuk kemampuan representasi matematis pada setiap indikator gaya berpikir SA dominan pada representasi simbolik dan verbal, sementara SK cenderung pada verbal dan visual. AK dan AA hanya muncul pada representasi visual. Pencapaian siswa SK, SA, AK dan AA cenderung lebih baik dalam representasi visual daripada dua indikator lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Representasi Matematis; Gaya Berpikir Gregorc; SPLDV
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Azkia Hilmiyatuz Zahra
Date Deposited: 14 Aug 2025 07:09
Last Modified: 14 Aug 2025 07:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114806

Actions (login required)

View Item View Item