Khoerunisa, Uni (2025) Strategi pemasaran dalam meningkatkan minat calon jemaah haji untuk bergabung dengan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Dan Umrah (KBIHU): Studi deskriptif di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Dan Umrah (KBIHU) Maqdis Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (SK PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarsm.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (BABI)
5_bab1.pdf Download (456kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kualitas pelayanan menjadi faktor penting dalam menarik minat calon jemaah haji. KBIHU Maqdis Bandung berupaya memberikan pelayanan yang cepat, responsif, dan memuaskan mulai dari pendaftaran hingga bimbingan di Tanah Suci. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, KBIHU Maqdis menerapkan strategi pemasaran yang tepat dengan menganalisis kebutuhan pelanggan dan memanfaatkan media digital seperti WhatsApp, Instagram, dan YouTube. Strategi Word of Mouth juga dimaksimalkan melalui testimoni alumni jemaah yang puas atas pelayanan. Sebagai mitra resmi pemerintah, KBIHU Maqdis menekankan pelayanan berkualitas demi kenyamanan jemaah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Maqdis Bandung dalam meningkatkan minat calon jemaah haji. Dalam konteks penelitian ini meliputi segmentasi pasar untuk memahami karakteristik dan kebutuhan calon jemaah, lalu dengan strategi promosi yang digunakan untuk menarik perhatian mereka, serta pengelolaan tempat operasional dan distribusi layanan sebagai pendukung dalam menjangkau jemaah secara lebih efektif. Penelitian ini mengadopsi teori strategi pemasaran menurut Philip Kotler (Kotler & Kevin, 2009), aspek bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari elemen promosi dan distribusi (Place) dan ditambahkan dengan segmentasi pasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi segmentasi pasar KBIHU Maqdis Bandung melakukan secara geografis dan fokus utama di wilayah Bandung, tetapi tetap terbuka bagi jemaah luar daerah. Pendekatan inklusif berbasis nilai kekeluargaan dan gotong royong menjadi daya tarik tersendiri. Dalam promosi, media sosial memanfaatkan untuk saluran utama melalui konten visual dan storytelling, didukung oleh promosi mulut ke mulut serta peran tokoh agama. Dari sisi distribusi, lokasi kantor yang strategis dan fasilitas yang memadai memudahkan akses layanan untuk memperkuat kepercayaan calon jemaah haji.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci; Strategi Pemasaran; Media sosial; KBIHU |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah |
Depositing User: | Uni Khoerunisa |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 07:24 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 07:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115474 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |