Nur'aini, Fithri (2025) Strategi jurnalis era digital dalam meningkatkan engagement pada media sosial TikTok Jabar Ekspres. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (449kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi digital mendorong jurnalis untuk beradaptasi dengan pola baru dalam menyampaikan informasi, salah satunya melalui media sosial. Jurnalis di era digital dituntut untuk aktif memanfaatkan platform digital sebagai sarana publikasi berita salah satunya media sosial TikTok. Akun TikTok Jabar Ekspres, yaitu @jabarekspres dan @jabarekspresid, merupakan contoh media yang memanfaatkan TikTok dalam distribusi konten jurnalistik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dugaan adanya strategi tertentu yang dilakukan oleh jurnalis dalam pengelolaan media sosial TikTok guna meningkatkan keterlibatan audiens (engagement). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi jurnalis era digital dalam mengelola akun TikTok @jabarekspres dan @jabarekspresid untuk meningkatkan engagement. Mencakup tahapan penyaringan informasi dan penetapan isu, strategi produksi konten, strategi distribusi konten, serta strategi optimalisasi fitur aplikasi TikTok . Peneliti menggunakan teori gatekeeping untuk menganalisis bagaimana jurnalis melakukan seleksi informasi sebelum dipublikasikan. Teori ini dikemukakan oleh Kurt Lewin. Teori gatekeeping sejalan dengan penelitian ini karena jurnalis berperan sebagai gatekeeper. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam dengan tiga orang informan yang terlibat langsung dalam proses pengelolaan konten TikTok Jabar Ekspres. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat strategi utama yang diterapkan jurnalis dalam meningkatkan engagement di TikTok, yaitu: (1) strategi penyaringan dan penetapan isu berdasarkan analitik, (2) strategi produksi konten dengan beragam format dan jenis berita, (3) strategi distribusi konten secara konsisten pada waktu yang tepat, dan (4) strategi optimalisasi fitur TikTok seperti live, story, dan TikTok Studio. Strategi-strategi ini menjadi upaya penting bagi jurnalis digital dalam menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan keterlibatan pengguna.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jurnalisme Digital; Strategi Jurnalis; TikTok; Engagement |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Fithri Nur'aini |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 03:10 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 03:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116387 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |