Strategi jurnalis era digital dalam meningkatkan engagement pada media sosial TikTok Jabar Ekspres

Nur'aini, Fithri (2025) Strategi jurnalis era digital dalam meningkatkan engagement pada media sosial TikTok Jabar Ekspres. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
10_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi digital mendorong jurnalis untuk beradaptasi dengan pola baru dalam menyampaikan informasi, salah satunya melalui media sosial. Jurnalis di era digital dituntut untuk aktif memanfaatkan platform digital sebagai sarana publikasi berita salah satunya media sosial TikTok. Akun TikTok Jabar Ekspres, yaitu @jabarekspres dan @jabarekspresid, merupakan contoh media yang memanfaatkan TikTok dalam distribusi konten jurnalistik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dugaan adanya strategi tertentu yang dilakukan oleh jurnalis dalam pengelolaan media sosial TikTok guna meningkatkan keterlibatan audiens (engagement). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi jurnalis era digital dalam mengelola akun TikTok @jabarekspres dan @jabarekspresid untuk meningkatkan engagement. Mencakup tahapan penyaringan informasi dan penetapan isu, strategi produksi konten, strategi distribusi konten, serta strategi optimalisasi fitur aplikasi TikTok . Peneliti menggunakan teori gatekeeping untuk menganalisis bagaimana jurnalis melakukan seleksi informasi sebelum dipublikasikan. Teori ini dikemukakan oleh Kurt Lewin. Teori gatekeeping sejalan dengan penelitian ini karena jurnalis berperan sebagai gatekeeper. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam dengan tiga orang informan yang terlibat langsung dalam proses pengelolaan konten TikTok Jabar Ekspres. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat strategi utama yang diterapkan jurnalis dalam meningkatkan engagement di TikTok, yaitu: (1) strategi penyaringan dan penetapan isu berdasarkan analitik, (2) strategi produksi konten dengan beragam format dan jenis berita, (3) strategi distribusi konten secara konsisten pada waktu yang tepat, dan (4) strategi optimalisasi fitur TikTok seperti live, story, dan TikTok Studio. Strategi-strategi ini menjadi upaya penting bagi jurnalis digital dalam menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan keterlibatan pengguna.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jurnalisme Digital; Strategi Jurnalis; TikTok; Engagement
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Fithri Nur'aini
Date Deposited: 29 Aug 2025 03:10
Last Modified: 29 Aug 2025 03:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116387

Actions (login required)

View Item View Item