Ansorulloh, Hildan Izzuddin (2025) Penerapan metode Game Based Learning berbantu aplikasi Kahoot dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (338kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti hal ini disebabkan siswa yang masih kurang menunjukan semangat dalam mengikuti proses pembelajaran yang diamati peneliti di kelas VIII SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dipilihlah penerapan metode game based learning berbantu aplikasi kahoot sebagai metode pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Penerapan metode game based learning berbantu aplikasi kahoot pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMPN 2 Cileunyi. 2) Peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung. Metode game based learning berbantu aplikasi kahoot mendorong siswa lebih aktif, membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan sera meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PAIBP. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah penerapan metode game based learning berbantu aplikasi kahoot dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VIII SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, test, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample T-test, serta uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Proses penerapan metode game based learning berbantu aplikasi kahoot diperoleh terlaksana dengan baik. Hal ini berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan aktivitas guru diperoleh rata-rata sebesar 100% yang termasuk pada kategori “Baik”. Hasil observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata sebesar 91% yang termasuk pada kategori “Baik”. 2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode game based learning berbantu aplikasi kahoot dengan nilai N-Gain 0,73 dengan kategori tinggi. Sementara nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,27 dengan kategori rendah. Uji hipotesis nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka hipotesis dapat diterima.. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Penerapan metode game based learning berbantu aplikasi kahoot dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti di kelas VIII SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game based learning; Kahoot; Hasil Belajar |
Subjects: | Islam Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | hildan abdullah |
Date Deposited: | 31 Aug 2025 22:50 |
Last Modified: | 31 Aug 2025 22:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116786 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |