Penerapan model pembelajaran the Learning Cell untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti: Penelitian pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung

Firdaus, Rafi (2025) Penerapan model pembelajaran the Learning Cell untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti: Penelitian pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung diperoleh informasi bahwa model pembelajaran yang digunakan pada saat pembelajaran PAI dan Budi Pekerti hanya berbentuk model ceramah, penggunaan model pembelajaran yang tidak bervariasi ini diduga menjadi penyebab rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. Peneliti tertarik menerapkan model pembelajaran the learning cell yang diasumsikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran dengan menggunakan model the learning cell pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran the learning cell terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada teori bahwa rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya dari penggunaan model pembelajaran. Model pembelajaran the learning cell diasumsikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran ini dipilih karena menekankan pada pemikiran kritis yang mengedepankan proses aktif siswa dalam membuat dan menjawab pertanyaan terhadap materi bacaan yang dipelajari sehingga diyakini dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen desain nonequivalent control groups design. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara dan studi dokumentasi. Sampel dalam penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Analisis data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan analisis data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Analisis data ini dilakukan dengan bantuan SPSS versi 27 melalui tahapan uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, dan uji T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterlaksanaan Model Pembelajaran the learning cell terlaksana dengan sangat baik berdasarkan pada hasil observasi guru yang mencapai tingkat ketercapaian rata-rata 94,5%. (2) Penerapan model pembelajaran the learning cell berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dengan kategori sedang berdasarkan skor N-Gain yang mencapai 0,54. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,005. Artinya Ha diterima dan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis yang signifikan setelah penggunaan model pembelajaran the learning cell pada mata pelajaran PAIBP di kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: The Learning Cell; Berpikir Kritis; PAI dan Budi Pekerti;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rafi Firdaus
Date Deposited: 09 Sep 2025 04:39
Last Modified: 09 Sep 2025 04:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118109

Actions (login required)

View Item View Item