Strategi dakwah dalam televisi digital: Studi deksriptif pada program “Jejak Iman” di INSPIRA TV

Shiddiqi, Hasbi Ash (2025) Strategi dakwah dalam televisi digital: Studi deksriptif pada program “Jejak Iman” di INSPIRA TV. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak (8).pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (955kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy

Abstract

Hasbi Ash Shiddiqi: Strategi Dakwah dalam Televisi Digital (Studi Deksriptif pada Program “Jejak Iman” di Inspira TV) Fenomena meningkatnya program religi yang bernuansakan dakwah di era televisi digital merupakan suatu perkembangan signifikan yang membutuhkan strategi media dalam dunia penyiaran. Tercatat pada data KPI 2023 yang menunjukkan kenaikan indeks dalam kategori program siaran religi yang sebelumnya 3,53, menjadi 3,66, kenaikan 13 point menunjukkan adanya peningkatan konsumsi konten keagamaan pada televisi. Persoalan yang muncul meliputi bagaimana strategi dakwah di televisi digital memiliki peluang dalam penyebaran konten dakwah, teknik yang dilakukan televisi digital dalam memikat audiens program religi, serta efektivitas program dalam mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis; pertama, Bagaimana proses perencanaan dan pengemasan dalam program “Jejak Iman” di Inspira TV; kedua, Bagaimana bentuk implementasi dakwah yang diterapkan dalam program “Jejak Iman” di Inspira TV; ketiga, Bagaimana proses evaluasi dalam program “Jejak Iman” di Inspira TV untuk memastikan keberhasilan program; keempat, Apa saja elemen yang digunakan dalam pengemasan program “Jejak Iman” di Inspira TV. Teori yang digunakan mencakup strategi manajemen dari Fred R. David (2011) dan teori pemrograman televisi dari Sydney W. Head (1984). Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme, yang mengacu pada pandangan bahwa pengetahuan tentang realitas dibangun secara sosial dan diperoleh melalui pengalaman individu yang berinteraksi langsung dengan lingkungan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, dengan metode penelitian studi deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik triagulasi untuk memastikan keabsahan data melalui penggunaan beberapa sumber data, metode, atau teori yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dakwah dalam program “Jejak Iman” dilakukan secara sistematis mulai dari perencanaan, implementasi hingga evaluasi. Perencanaan program memperhatikan analisis lingkungan internal dan eksternal. Implementasi strategi mengedepankan efisiensi produksi, fleksibilitas narasumber, dan gaya penyampaian yang komunikatif serta kontekstual. Evaluasi dilakukan secara kualitatif melalui umpan balik audiens dan efektivitas penyampaian pesan. Program ini juga memenuhi lima elemen strategi pemrograman televisi menurut Head, seperti compatibility, habit formation, control of audience flow, conservation of resources, dan breadth of appeal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dakwah televisi digital dapat berjalan efektif apabila dirancang dengan strategi yang adaptif, kreatif, dan sesuai dengan kebutuhan khalayak masa kini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah; Strategi program; Program religi; TV digital.
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Communications Telemunications
Communications Telemunications > Television Broadcasting
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Hasbi Ash Shiddiqi
Date Deposited: 10 Sep 2025 03:47
Last Modified: 10 Sep 2025 05:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118583

Actions (login required)

View Item View Item