Pendekatan Microlearning berbantuan Mathigon dalam meningkatkan pemahaman konsep Geometri pada siswa SMP

Afiatunnisa, Aulia (2025) Pendekatan Microlearning berbantuan Mathigon dalam meningkatkan pemahaman konsep Geometri pada siswa SMP. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarisme.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep geometri siswa SMP melalui penerapan pendekatan Microlearning berbantuan Mathigon. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII salah satu SMP Negeri di Kabupaten Subang yang terdiri atas 10 kelas. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas VII-J sebagai eksperimen dan VII-C sebagai kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain non-equivalent control group. Instrumen penelitian meliputi tes dan non-tes. Instrumen tes telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran, dengan hasil menunjukkan tingkat validitas bervariasi dari sangat tinggi hingga sangat rendah, serta reliabilitas tinggi dan sangat tinggi. Instrumen non-tes berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan Microlearning berbantuan Mathigon terlaksana sangat baik, kemampuan pemahaman konsep geometri siswa kelas eksperimen meningkat signifikan dengan rata-rata N-Gain tinggi, kemampuan pemahaman konsep geometri kelas kontrol juga meningkat tetapi hanya pada kategori sedang, peningkatan pemahaman konsep geometri siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas konvensional, dan respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan respon positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri; Pendekatan Microlearning; Mathigon
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Aulia Afiatunnisa
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:59
Last Modified: 11 Sep 2025 03:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118827

Actions (login required)

View Item View Item