Fauziah, Lulu Sifa (2025) Peningkatan kreativitas siswa melalui penerapan model PJBL pada mata pelajaran Seni Rupa di SD Plus Intan Al Sali. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (PERNYATAAN)
pernyataan karya sendiri.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (483kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (736kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN Revisi Munaqosyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran seni rupa, dengan fokus pada materi pembuatan motif batik menggunakan teknik ecoprint. Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi yang menunjukkan rendahnya kreativitas siswa, terlihat dari minimnya keberagaman ide, kurangnya keberanian bereksperimen, serta keterlibatan siswa yang rendah dalam proses penciptaan karya seni. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan pendekatan mixed methods yang memadukan data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, serta penilaian unjuk kerja siswa berdasarkan indikator kreativitas menurut Guilford, yaitu fluency, flexibility, originality, dan elaboration.Proses penelitian dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dalam setiap siklus. Pada siklus I kreativitas siswa baru mencapai 43,75%, meningkat pada siklus II menjadi 63%, dan mencapai peningkatan yang sangat tinggi pada siklus III dengan capaian 94%. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa yang konsisten dari siklus ke siklus, baik dari segi ide maupun produk karya yang dihasilkan. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model PjBL membuat siswa lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Siswa tidak hanya berpartisipasi dalam diskusi dan perencanaan, tetapi juga menunjukkan antusiasme tinggi saat praktik pembuatan batik dengan teknik ecoprint. Aktivitas tersebut mendorong siswa untuk berpikir kreatif, menghasilkan ide-ide orisinal, serta berani melakukan eksperimen dalam menghasilkan karya. Dengan demikian, penerapan model PjBL efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran seni rupa secara menyeluruh.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning; Seni Rupa; Ecoprint; Peningkatan; |
Subjects: | Elementary Education Elementary Education > Creative Arts for Elementary Education Arts Decorative Arts Decorative Arts > Handicrafts |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Lulu Sifa Fauziah |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 07:20 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 07:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119339 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |