Peningkatan kreativitas siswa melalui penerapan model PJBL pada mata pelajaran Seni Rupa di SD Plus Intan Al Sali

Fauziah, Lulu Sifa (2025) Peningkatan kreativitas siswa melalui penerapan model PJBL pada mata pelajaran Seni Rupa di SD Plus Intan Al Sali. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PERNYATAAN)
pernyataan karya sendiri.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN Revisi Munaqosyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran seni rupa, dengan fokus pada materi pembuatan motif batik menggunakan teknik ecoprint. Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi yang menunjukkan rendahnya kreativitas siswa, terlihat dari minimnya keberagaman ide, kurangnya keberanian bereksperimen, serta keterlibatan siswa yang rendah dalam proses penciptaan karya seni. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan pendekatan mixed methods yang memadukan data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, serta penilaian unjuk kerja siswa berdasarkan indikator kreativitas menurut Guilford, yaitu fluency, flexibility, originality, dan elaboration.Proses penelitian dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dalam setiap siklus. Pada siklus I kreativitas siswa baru mencapai 43,75%, meningkat pada siklus II menjadi 63%, dan mencapai peningkatan yang sangat tinggi pada siklus III dengan capaian 94%. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa yang konsisten dari siklus ke siklus, baik dari segi ide maupun produk karya yang dihasilkan. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model PjBL membuat siswa lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Siswa tidak hanya berpartisipasi dalam diskusi dan perencanaan, tetapi juga menunjukkan antusiasme tinggi saat praktik pembuatan batik dengan teknik ecoprint. Aktivitas tersebut mendorong siswa untuk berpikir kreatif, menghasilkan ide-ide orisinal, serta berani melakukan eksperimen dalam menghasilkan karya. Dengan demikian, penerapan model PjBL efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran seni rupa secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning; Seni Rupa; Ecoprint; Peningkatan;
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Creative Arts for Elementary Education
Arts
Decorative Arts
Decorative Arts > Handicrafts
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lulu Sifa Fauziah
Date Deposited: 16 Sep 2025 07:20
Last Modified: 16 Sep 2025 07:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119339

Actions (login required)

View Item View Item