Penerapan pembelajaran inkuiri berbasis web untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi kesetimbangan kelarutan

Oktaviani, Salsabila (2025) Penerapan pembelajaran inkuiri berbasis web untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi kesetimbangan kelarutan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa pada mata pelajaran kimia, khususnya pada materi kesetimbangan kelarutan, menjadi tantangan dalam pembelajaran di sekolah. Materi ini sering dianggap sulit karena bersifat abstrak dan memerlukan pemahaman yang mengaitkan aspek makroskopik, mikroskopik, dan simbolik. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dan membantu mengonstruksi konsep secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran inkuiri berbasis web dan menganalisis peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa setelah diterapkan pembelajaran inkuiri berbasis web pada materi kesetimbangan kelarutan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain One-Group Pretest Posttest. Subjek penelitian ini siswa MA sebanyak 18 orang. Instrumen penelitian meliputi deskripsi pembelajaran, lembar pretest posttest, LKPD, web BookWidgets, dan lembar validasi instrumen. Sebelum pembelajaran diterapkan, dilakukan uji pendahuluan yang meliputi validasi media dan materi dengan rata-rata keselurahan nilai Aiken’s V 0,82. Pada penerapan pembelajaran, perolehan keterlaksanaan sintaks inkuiri (kecuali orientasi) berturut-turut adalah: merumuskan masalah 79,63; merumuskan hipotesis 62,96; mengumpulkan data 60,49; menguji hipotesis 65,74; dan menarik kesimpulan 64,81 (kategori baik). Peningkatan HOTS siswa ditunjukkan oleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,87 (kategori tinggi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri berbasis web pada materi kesetimbangan kelarutan dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir tingkat tinggi; kesetimbangan kelarutan; pembelajaran inkuri berbasis web
Subjects: Science and Religion
Education
Education > Research and Statistical Methods
Curricula
Communications Telemunications
Education, Research
Chemistry and Allied Science
Analytical Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Salsabila Oktaviani
Date Deposited: 14 Sep 2025 20:44
Last Modified: 14 Sep 2025 20:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119623

Actions (login required)

View Item View Item