Oktaviani, Salsabila (2025) Penerapan pembelajaran inkuiri berbasis web untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi kesetimbangan kelarutan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (387kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa pada mata pelajaran kimia, khususnya pada materi kesetimbangan kelarutan, menjadi tantangan dalam pembelajaran di sekolah. Materi ini sering dianggap sulit karena bersifat abstrak dan memerlukan pemahaman yang mengaitkan aspek makroskopik, mikroskopik, dan simbolik. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dan membantu mengonstruksi konsep secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran inkuiri berbasis web dan menganalisis peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa setelah diterapkan pembelajaran inkuiri berbasis web pada materi kesetimbangan kelarutan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain One-Group Pretest Posttest. Subjek penelitian ini siswa MA sebanyak 18 orang. Instrumen penelitian meliputi deskripsi pembelajaran, lembar pretest posttest, LKPD, web BookWidgets, dan lembar validasi instrumen. Sebelum pembelajaran diterapkan, dilakukan uji pendahuluan yang meliputi validasi media dan materi dengan rata-rata keselurahan nilai Aiken’s V 0,82. Pada penerapan pembelajaran, perolehan keterlaksanaan sintaks inkuiri (kecuali orientasi) berturut-turut adalah: merumuskan masalah 79,63; merumuskan hipotesis 62,96; mengumpulkan data 60,49; menguji hipotesis 65,74; dan menarik kesimpulan 64,81 (kategori baik). Peningkatan HOTS siswa ditunjukkan oleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,87 (kategori tinggi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri berbasis web pada materi kesetimbangan kelarutan dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berpikir tingkat tinggi; kesetimbangan kelarutan; pembelajaran inkuri berbasis web |
Subjects: | Science and Religion Education Education > Research and Statistical Methods Curricula Communications Telemunications Education, Research Chemistry and Allied Science Analytical Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Salsabila Oktaviani |
Date Deposited: | 14 Sep 2025 20:44 |
Last Modified: | 14 Sep 2025 20:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119623 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |