Saputri, Silvia (2025) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (602kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (870kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model, pencapaian serta peningkatan kemampuan pemahaman konsep, dan sikap peserta didik terhadap pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan adalah quasi experiment pada dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kontrol di MTs Suna Cipancar Garut. Instrumen penelitian meliputi tes yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran, serta non-tes berupa lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, dan angket sikap peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Pair Check sangat baik. Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dan peningkatannya signifikan dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, peserta didik menunjukkan sikap positif terhadap penerapan model. Temuan ini mengindikasikan bahwa model kooperatif tipe Pair Check dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pair Check; Pembelajaran Kooperatif; Pemahaman Konsep Matematis; Sikap Peserta Didik |
Subjects: | Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Silvia Silvia Saputri Saputri |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 01:40 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 02:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120417 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |