Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII

Saputri, Silvia (2025) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model, pencapaian serta peningkatan kemampuan pemahaman konsep, dan sikap peserta didik terhadap pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan adalah quasi experiment pada dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kontrol di MTs Suna Cipancar Garut. Instrumen penelitian meliputi tes yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran, serta non-tes berupa lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, dan angket sikap peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Pair Check sangat baik. Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dan peningkatannya signifikan dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, peserta didik menunjukkan sikap positif terhadap penerapan model. Temuan ini mengindikasikan bahwa model kooperatif tipe Pair Check dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pair Check; Pembelajaran Kooperatif; Pemahaman Konsep Matematis; Sikap Peserta Didik
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Silvia Silvia Saputri Saputri
Date Deposited: 17 Sep 2025 01:40
Last Modified: 18 Sep 2025 02:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120417

Actions (login required)

View Item View Item