Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi kesetimbangan asam basa

Ananda, Try (2025) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi kesetimbangan asam basa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (636kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dan menganalisis peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah penerapan pembelajaran berbasis masalah pada materi kesetimbangan asam-basa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Kimia. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa selama proses penerapan pembelajaran berbasis masalah mencapai 94,05% dengan interpretasi sangat baik. Sementara peningkatan hasil belajar kognitif siswa berdasarkan perhitungan N-Gain sebesar 0,5237 termasuk kategori sedang. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Temuan ini mengindikasikan adanya pengaruh positif atau peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah diberikan perlakuan berupa penerapan pembelajaran berbasis masalah. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi kesetimbangan asam-basa dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Kognitif; Hidrolisis Garam; Kesetimbangan Asam Basa; Larutan Penyangga; Pembelajaran Berbasis Masalah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Chemistry and Allied Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Try Ananda
Date Deposited: 20 Sep 2025 02:19
Last Modified: 20 Sep 2025 02:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120512

Actions (login required)

View Item View Item