Ananda, Try (2025) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi kesetimbangan asam basa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (636kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (830kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dan menganalisis peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah penerapan pembelajaran berbasis masalah pada materi kesetimbangan asam-basa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Kimia. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa selama proses penerapan pembelajaran berbasis masalah mencapai 94,05% dengan interpretasi sangat baik. Sementara peningkatan hasil belajar kognitif siswa berdasarkan perhitungan N-Gain sebesar 0,5237 termasuk kategori sedang. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Temuan ini mengindikasikan adanya pengaruh positif atau peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah diberikan perlakuan berupa penerapan pembelajaran berbasis masalah. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi kesetimbangan asam-basa dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Kognitif; Hidrolisis Garam; Kesetimbangan Asam Basa; Larutan Penyangga; Pembelajaran Berbasis Masalah |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Chemistry and Allied Science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Try Ananda |
Date Deposited: | 20 Sep 2025 02:19 |
Last Modified: | 20 Sep 2025 02:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120512 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |