Penerapan model Guided Discovery Learning (GDL) berbantuan amrita untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor

Ananda, Dinda Mutiara (2025) Penerapan model Guided Discovery Learning (GDL) berbantuan amrita untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_lembarkeasliankaryailmiah.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkan model Guided Discovery Learning (GDL) berbantuan media Amrita dan model Inquiry Learning berbantuan media Amrita pada materi suhu dan kalor. Metode yang digunakan yakni metode kuantitatif dengan bentuk quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 207 peserta didik kelas XI di SMAN 14 Garut. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan sampel XI-5 sebagai kelas eksperimen I berjumlah 31 peserta didik dan kelas XI-6 sebagai kelas eksperimen II berjumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen I, aktivitas guru mencapai 91% dan aktivitas peserta didik mencapai 85% dengan kategori sangat baik. Keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen II, aktivitas guru mencapai 89% dan aktivitas peserta didik mencapai 83% dengan kategori sangat baik. Rata-rata N-Gain kelas eksperimen I sebesar 0,75 dengan kategori tinggi dan kelas eksperimen II sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji independent t-test menunjukan bahwa 0,000 < 0,05, maka H_0 ditolak dan H_a diterima, artinya terdapat perbedaan dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik yang belajar dengan menggunakan model Guided Discovery Learning berbantuan media Amrita dan model Inquiry Learning berbantuan media Amrita pada materi suhu dan kalor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Amrita, Keterampilan Berpikir Kritis; Model Guided Discovery Learning (GDL); Model Inquiry Learning; Suhu dan Kalor
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Dinda Mutiara Ananda
Date Deposited: 18 Sep 2025 07:16
Last Modified: 18 Sep 2025 07:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120687

Actions (login required)

View Item View Item