Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media interaktif kodular untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi energi terbarukan

Wulandari, Andini (2025) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media interaktif kodular untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi energi terbarukan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_SKbebasplagiarsm.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_DAFTAR ISI.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_BAB 1.pdf

Download (649kB) | Preview
[img] Text
6_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy

Abstract

Studi ini merupakan penelitian terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media interaktif kodular untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi energi terbarukan. Literasi sains dalam pendidikan berperan membantu peserta didik memahami dan mengolah informasi dan mengaplikasikan ilmu sains pada kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran PBL berbantuan media kodular dan peningkatan literasi sains peserta didik di SMAN Tanjungsari. Sampel penelitian yaitu X-10 (kelas eksperimen) dan X-11 (kelas kontrol) dari populasi seluruh peserta didik kelas X di SMAN Tanjungsari. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode quasi exsperiment yang bertujuan untuk melihat pengaruh variabel independen dalam rangka menyimpulkan perubahan yang disebabkan adanya perlakuan terhadap variabel dependen. Penelitian ini menggunakan non equivalent control group design yang berarti hanya ada satu kelas yang menerima perlakuan. Penelitian ini menghasilkan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan media kodular yang terlaksana sangat baik dengan hasil analisis lembar observasi mendapatkan rata-rata persentase sebesar 100% untuk aktivitas guru dan 93% untuk aktivitas peserta didik. Uji hipotesis pada penelitian ini menghasilkan taraf signifikasnsi 0,844 yang berarti lebih besar dari taraf signifikansi 0,05. Kesimpulan penelitian ini yaitu tidak terdapat perbedaan peningkatan literasi sains peserta didik pada energi terbarukan antara kelas eksperimen dan control namun terdapat sedikit peningkatan dengan nilai N-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning; Literasi Sains; Energi Terbarukan
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Andini Wulandari
Date Deposited: 19 Sep 2025 07:16
Last Modified: 19 Sep 2025 07:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120954

Actions (login required)

View Item View Item