Penggunaan teknologi Virtual Reality Millealab untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa arab dan keterampilan membaca siswa : Penelitian di MTsN 1 Pangandaran

Jamil, Sobrun (2025) Penggunaan teknologi Virtual Reality Millealab untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa arab dan keterampilan membaca siswa : Penelitian di MTsN 1 Pangandaran. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
61533.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan secara sadar untuk memperoleh pengetahuan baru melalui interaksi antara guru, peserta didik, dan sumber belajar melalui media dan teknologi pembelajaran.Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi di MTsN 1 Pangandaran mengenai penggunaan teknologi dan media pembelajaran bahasa Arab, diperoleh bahwa pembelajaran bahasa Arab pada aspek penguasaan kosakata memiliki beberapa kendala disebabkan oleh siswa yang kurang konsentrasi, pembiasaan penggunaan kosakata, serta lingkungan penggunaan kosakata yang masih terbatas. Begitupun kendala yang ditemukan pada pembelajaran Keterampilan membaca yaitu kurangnya motivasi dalam membaca teks berbahasa Arab yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan kosakata bahasa Arab dan ketarampilan membaca siswa sebelum dan sesudah menggunakan Teknologi Virtual Reality Millelab,serta mengukur efektitifasnya dalam penguasaan kosakata bahasa Arab dan keterampilan membaca.Penelitian ini mendasar pada Teori Konstruksivisme sosial Vygotsky yang menggambarkan pada pentingnya suatu konstruk belajar sebagai prinsip untuk memperoleh suatu pengetahuan melalui aktivitas pembelajaran yang aktif, konsep ini merupakan teori belajar yang menekankan pengetahuan yang bukan saja berasal dari guru,akan tetapi siswa dapat memperoleh pengetahuan melalui pengalaman maupun interaksi sosial melalui media teknologi interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantiatif. Metode yang digunakan yaitu metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Adapun sampel yang digunakan yaitu non probability sampling atau sampel tidak acak. teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes yang meliputi pre-test dan post-test. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu uji Parametrik yang meliputi Statistik deskriptif, Uji normalitas, Uji t berpasangan, uji Homogenitas, Uji t independen, dan Uji Ngain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai siswa di kelas eksperimen sebelum menggunakan Teknologi Virtual Reality Millealab pada penguasaan kosakata mendapatkan rata-rata (57,11) dan keterampilan membaca rata-rata (56,14). Adapun setelah menggunakan teknologi virtual reality Millealab nilai rata-rata pada penguasaan kosakata yaitu (83,35) dan pada keterampilan membaca yaitu (82,37). Maka dari itu, penggunaan Teknologi Virtual Reality Millealab berpengaruh signifikan terhadap persentase peningkatan penguasaan kosakata sekitar (45,95%) dan keterampilan membaca sekitar (46,80%). Penggunaan teknologi virtual reality Millealab juga dinilai “efektif” dalam pembelajaran bahasa Arab untuk peningkatan penguasaan kosakata dengan hasil N-Gain sebesar 62,2620%, yang lebih tinggi dibandingkan hasil N-gain di kelas kontrol, yaitu 55,5258%.Penggunaan Teknologi Virtual Reality Millealab juga dinilai “efektif” dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan membaca dengan nilai N-Gain sebesar 59,5115%, yang lebih tinggi dibandingkan hasil N-gain di kelas kontrol sebesar 43,8503%. Penelitian ini berimplikasi terhadap referensi dalam penggunaan Teknologi Pembelajaran pada Pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Teknologi Virtual Reality; Penguasaan Kosakata; Keterampilan membaca; Pembelajaran Bahasa Arab;
Subjects: Arabic
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sobrun jamil
Date Deposited: 20 Sep 2025 10:08
Last Modified: 20 Sep 2025 10:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120993

Actions (login required)

View Item View Item