Penggunaan bahasa Jurnalistik pada headline Detik.com: Studi kasus pada media daring Detik.com edisi Februari 2025

Rosmiawati, Indi (2025) Penggunaan bahasa Jurnalistik pada headline Detik.com: Studi kasus pada media daring Detik.com edisi Februari 2025. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.PDF

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.PDF

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.PDF

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.PDF

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.PDF
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.PDF
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.PDF
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.PDF
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena perkembangan teknologi komunikasi membuat informasi menjadi dapat diakses dengan cepat melalui media daring seperti Detik.com. Dalam persaingan media, penggunaan bahasa jurnalistik pada judul berita (headline) menjadi kunci menarik perhatian pembaca. Namun, masih ditemukan penggunaan bahasa yang belum sepenuhnya sesuai dengan kaidah bahasa jurnalistik, sehingga penting untuk mengkaji penerapan prinsip singkat, sederhana, menarik populis, dan menghindari istilah asing pada headline Detik.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bahasa jurnalistik singkat, sederhana, menarik, populis, dan menghindari istilah asing pada penulisan headline berita media daring Detik.com. Diharapkan dengan adanya penelitian ini bisa membantu dan memberi kontribusi secara akademis kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik. Teori dalam penelitian ini menggunakan konsep bahaha jurnalistik menurut Haris Sumadiria (2005). Metode penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, dan dokumentasi. Sumber data berupa sumber data primer dan sekunder dan jenis datanya berupa data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan bahasa jurnalistik pada aspek singkat hampir sepenuhnya sudah memenuhi aspek, dari 20 headline yang dianalisis 17 diantaranya sudah sesuai, penggunaan bahasa jurnalistik pada aspek sederhana belum sepenuhnya memenuhi aspek, dari 20 headline yang dianalisis 17 diataranya yang masih belum sesuai. Penggunaan bahasa jurnalistik pada aspek menarik hampir sepenuhnya sudah memenuhi aspek, dari 20 headline yang dianalisis 19 diantaranya sudah sesuai, penggunaan bahasa jurnalistik pada aspek populis belum sepenuhnya memenuhi cccaspek, dari 20 headline yang dianalisis 12 diantaranya yang belum sesuai, penggunaan bahasa jurnalistik menghindari istilah asing hampir sepenuhnya memenuhi aspek, dari 20 headline yang dianalisis 16 diantaranya sudah sesuai dengan aspek. Secara keseluruhan media daring Detik.com telah menunjukan pemahaman dan penerapan prinsip bahaha jurnalistik yang memadai, khususnya dalam aspek singkat, menarik, dan menghindari istilah asing, Namun, masih terdapat ruang perbaikan terutama dalam aspek sederhana dan populis, sehingga semua lapisan masyarakat dapat dengan mudah memahami informasi yang disajikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Online; Studi Kasus; Bahasa Jurnalistik; Headline; Detik.com
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: indi rosmiawati
Date Deposited: 20 Sep 2025 05:27
Last Modified: 20 Sep 2025 05:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121088

Actions (login required)

View Item View Item