Kaffah, Silmi (2025) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi nilai keislaman terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem pencernaan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
SUKET CEK PLAGIARISME - SILMI K.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (231kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Kemampuan literasi sains sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan di abad ke-21. Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi nilai keislaman terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem pencernaan. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI di salah satu sekolah menengah atas yang dibagi ke dalam dua kelompok yaitu eksperimen dan kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Exsperiment dengan menggunakan pretest-postest control group design. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah tes objektif dan lembar observasi. Hasil yang diperoleh dengan uji menggunakan SPSS menghasilkan adanya pengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa dilihat dari nilai N-Gain 0,56 untuk kelas eksperimen dan N-Gain 0,19 untuk kelas kontrol. Adapun hasil signifikasi uji Mann-Whitney sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian maka H₀ ditolak dan H₁ diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwamodel pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi nilai keislaman berpengaruh positif terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem pencernaan kelas XI.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri Terbimbing, Literasi Sains, Sistem Pencernaan, Terintegrasi Nilai Keislaman. |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education Education Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Silmi Kaffah |
Date Deposited: | 21 Sep 2025 17:07 |
Last Modified: | 21 Sep 2025 17:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |