Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi nilai keislaman terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem pencernaan

Kaffah, Silmi (2025) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi nilai keislaman terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem pencernaan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
SUKET CEK PLAGIARISME - SILMI K.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan literasi sains sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan di abad ke-21. Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi nilai keislaman terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem pencernaan. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI di salah satu sekolah menengah atas yang dibagi ke dalam dua kelompok yaitu eksperimen dan kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Exsperiment dengan menggunakan pretest-postest control group design. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah tes objektif dan lembar observasi. Hasil yang diperoleh dengan uji menggunakan SPSS menghasilkan adanya pengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa dilihat dari nilai N-Gain 0,56 untuk kelas eksperimen dan N-Gain 0,19 untuk kelas kontrol. Adapun hasil signifikasi uji Mann-Whitney sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian maka H₀ ditolak dan H₁ diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwamodel pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi nilai keislaman berpengaruh positif terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem pencernaan kelas XI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Literasi Sains, Sistem Pencernaan, Terintegrasi Nilai Keislaman.
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Education
Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Silmi Kaffah
Date Deposited: 21 Sep 2025 17:07
Last Modified: 21 Sep 2025 17:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121352

Actions (login required)

View Item View Item