Penggunaan media Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan membaca (maharah qira’ah) : Studi Pre Eksperimen terhadap siswa kelas VII MTs Al-Jawami Cileunyi

Nul Hakim, Lukman (2025) Penggunaan media Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan membaca (maharah qira’ah) : Studi Pre Eksperimen terhadap siswa kelas VII MTs Al-Jawami Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
1212030078_PBA.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PERNYATAAN NON PLAGIARISM)
Pernyataan Non Plagiarism.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Arab memiliki peran penting baik dalam ranah keagamaan maupun akademik. Namun, keterampilan membaca masih menjadi kendala bagi banyak peserta didik, terutama dalam mengenali huruf, memahami struktur bahasa, dan menangkap isi bacaan. Kesulitan tersebut semakin diperparah oleh rendahnya motivasi belajar serta dominasi penggunaan media pembelajaran tradisional. Salah satu solusi inovatif yang ditawarkan adalah penerapan teknologi modern berupa media Augmented Reality (AR), yang mampu menghadirkan visualisasi tiga dimensi, animasi interaktif, dan simulasi kontekstual sehingga mendukung pemahaman serta meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan membaca peserta didik kelas VII MTs Al-Jawami Cileunyi setelah menggunakan media AR, serta menilai efektivitasnya sebagai alternatif pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan membaca, observasi, dan dokumentasi, lalu dianalisis dengan bantuan program SPSS 26 menggunakan uji normalitas, uji hipotesis (Paired Sample T-Test), dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest sebesar 43,25 (kategori rendah) meningkat menjadi 67,60 pada posttest (kategori sedang). Uji Paired Sample T-Test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Nilai N-Gain sebesar 42,35% termasuk kategori sedang. Temuan ini membuktikan bahwa media AR efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab dan memberikan kontribusi nyata bagi inovasi pembelajaran yang lebih interaktif dan kontekstual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keywords: : Arabic language, reading skills, Augmented Reality
Subjects: Arabic
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Lukman Lukman Nul Hakim
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:07
Last Modified: 24 Sep 2025 03:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121533

Actions (login required)

View Item View Item