Pengaruh pendekatan contextual teaching and leraning berbantu media roda putar terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas v pada mata pelajaran IPS dimadrasah ibtidaiyah

hazmarinda, Isti (2025) Pengaruh pendekatan contextual teaching and leraning berbantu media roda putar terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas v pada mata pelajaran IPS dimadrasah ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
Keterangan bebas Plagiasi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI FULL.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III fiks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

“Pengaruh Pendekatan Contextual teaching and learning Berbantu Media Roda Putar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah.” Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati Bandung 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar kognitif IPS yang disebabkan kurangnya minat belajar siswa. Alternatif pembelajaran terhadap rendahnya hasil belaar kognitif siswa yang disebabkan kurangnya minat belajar adalah dengan menggunakan pendekatan Contextual teaching and learning yang menghubungkan materi dengan kehidupan nyata siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS sdengan menggunakan pendekatan contxctual teaching and learning berbantu media roda putar di kelas eksperimen. 2) Untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan Cooperative learning di kelas kontrol. 3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif IPS kelas yang menggunakan pendekatan contextual teaching and learning berbatu media roda putar dengan kelas yang menggunakan pendekatan Cooperative learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan metode quasi eksperimen atau eksperimen semu dan menggunakan desain kontrol Group Pre-Test Post-Test Nonequivalent. Jenis penelitain ini adalah menggubnakan prosedur statistic dan menggunakan teori objektif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 2 Ciamis tahun ajaran 2024/2025. Sampel yang diambil adalah kelas V A dan kelas V C dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah test dan observasi. Teknk analisis data menggunakan independent t-test dengan taraf signifikan 5% dengan hipotesis perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS menggunakan pendekatan Contextual teaching and learning (CTL) lebih baik dari siswa yang menggunakan pendekatan Cooperative learning .Hasil penelitian diperoleh bahwa : hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan pendekatan Contextual teaching and learning (CTL) mengalami peningkatan sebesar 0,79 dengan kategori sedang. Hasil belajar kognitif siswa setalah menggunaka pendekatan Cooperative learning memperoleh peningkatan sebesar 0,68 denga kategori sedang. Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara kedua kelas yang dibuktikan dengan uji t-independent. Hasilnya menunjukan hasil signifikan sebesar 0,001. Hal ini berarti < 0,05 hipotesis diterima dan perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS yang menggunakan pendekatan Contextual teaching and learning (CTL) lebih baik secara signifikan dibandingkan siswa yang menggunakan pendekatan Cooperative learning .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode quasi; hasil belajar; pensekatan CTL; pembelajaran IPS;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Isti Hazmarinda Hazma
Date Deposited: 24 Sep 2025 06:41
Last Modified: 24 Sep 2025 06:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121853

Actions (login required)

View Item View Item