Penerapan model pembelajaran Cooperative Script terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS di MI Zainul Millah Babakanlimus

Yeni, Yeni (2025) Penerapan model pembelajaran Cooperative Script terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS di MI Zainul Millah Babakanlimus. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Keterangan Bebas Plagialisme.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Daftar Isi.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_Bab1.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text
6_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text
8_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text
9_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang terdapat di MI Zainul Millah Babakanlimus khususnya kelas V. Berdasarkan hasil pengamatan dan hasil tes menunjukakan bahwa siswa saat pembelajaran berlangsung tidak berani bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan yang menggunakan model pembelajaran direct instruction dan cooperative script pada mata pelajaran IPAS di kelas V, serta untuk mengetahui perbedaan peningkatan antara kedua model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode quasi eksperimen, dan design nonequivalent control group design yang meneliti di dua kelas. Kelas kontrol (VA) menggunakan model pembelajaran direct instruction, di mana guru mendominasi kegiatan belajar dengan metode ceramah, tanya jawab, dan pemberian latihan. Sementara, kelas eksperimen (VB) menggunakan model pembelajaran cooperative script, di mana siswa dikelompokkan secara berpasangan kemudian saling bertukar peran sebagai pembicara dan pendengar untuk membacakan hasil ringkasannya, sedangkan guru bertindak sebagai fasilitator. Teknik pengumpulan datanya seperti observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata pretest kemampuan berpikir kritis sebelum diberikan tindakan yaitu 42 dan 43 dikategorikan sedang. Sementara, nilai rata-rata posttest kemampuan berpikir kritis setelah diberikan tindakan yaitu 60 dan 71 dikategorikan sedang dan tinggi. Pengujian hipotesis akhir, menggunakan uji Mann-Whitney pada data N-Gain persen kelas kontrol dan kelas eksperimen, diperoleh keputusan bahwa H₀ ditolak dan Ha diterima. Keputusan ini didasarkan pada nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001. Maka Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran direct instruction dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperative script pada mata pelajaran IPAS di kelas V MI Zainul Millah Babakanlimus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cooperative script; direct instruction; kemampuan berpikir kritis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yeni Yeni
Date Deposited: 25 Sep 2025 06:44
Last Modified: 25 Sep 2025 06:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122022

Actions (login required)

View Item View Item