Yeni, Yeni (2025) Penerapan model pembelajaran Cooperative Script terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS di MI Zainul Millah Babakanlimus. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
3_Keterangan Bebas Plagialisme.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
4_Daftar Isi.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
5_Bab1.pdf Download (386kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang terdapat di MI Zainul Millah Babakanlimus khususnya kelas V. Berdasarkan hasil pengamatan dan hasil tes menunjukakan bahwa siswa saat pembelajaran berlangsung tidak berani bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan yang menggunakan model pembelajaran direct instruction dan cooperative script pada mata pelajaran IPAS di kelas V, serta untuk mengetahui perbedaan peningkatan antara kedua model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode quasi eksperimen, dan design nonequivalent control group design yang meneliti di dua kelas. Kelas kontrol (VA) menggunakan model pembelajaran direct instruction, di mana guru mendominasi kegiatan belajar dengan metode ceramah, tanya jawab, dan pemberian latihan. Sementara, kelas eksperimen (VB) menggunakan model pembelajaran cooperative script, di mana siswa dikelompokkan secara berpasangan kemudian saling bertukar peran sebagai pembicara dan pendengar untuk membacakan hasil ringkasannya, sedangkan guru bertindak sebagai fasilitator. Teknik pengumpulan datanya seperti observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata pretest kemampuan berpikir kritis sebelum diberikan tindakan yaitu 42 dan 43 dikategorikan sedang. Sementara, nilai rata-rata posttest kemampuan berpikir kritis setelah diberikan tindakan yaitu 60 dan 71 dikategorikan sedang dan tinggi. Pengujian hipotesis akhir, menggunakan uji Mann-Whitney pada data N-Gain persen kelas kontrol dan kelas eksperimen, diperoleh keputusan bahwa H₀ ditolak dan Ha diterima. Keputusan ini didasarkan pada nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001. Maka Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran direct instruction dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperative script pada mata pelajaran IPAS di kelas V MI Zainul Millah Babakanlimus.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative script; direct instruction; kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yeni Yeni |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 06:44 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 06:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122022 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |