Rismawan, Rendi (2025) Pengelolaan tenant relations dalam menjaga mitra franchisee PT. Indomarco prismatama. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Skripsi Rendi-1.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
Skripsi Watermark-2-3 (1).pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
plagiarisme .pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
Skripsi Watermark-13-15.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
Skripsi Watermark-21-43.pdf Download (335kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab 2)
Skripsi Watermark-44-83.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
![]() |
Text (Bab 3)
Skripsi Watermark-84-178.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) |
|
![]() |
Text (Bab 4)
Skripsi Watermark-179-182.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Skripsi Watermark-183-187.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Skripsi Rendi-188-201.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) |
Abstract
Pertumbuhan jumlah mitra Franchisee di sektor ritel modern menuntut perusahaan untuk memiliki strategi komunikasi yang efektif dalam menjaga hubungan kemitraan. PT. Indomarco Prismatama, sebagai pengelola jaringan gerai waralaba Indomaret, memiliki peran penting dalam memastikan kemitraan dengan para Franchisee berjalan secara harmonis dan profesional. Tenant Relations Officer (TRO) menjadi bagian strategis dalam menjembatani komunikasi antara perusahaan dan mitra Franchisee. Pengelolaan Tenant Relations menjadi krusial dalam menciptakan hubungan yang saling menguntungkan, mendukung kelancaran operasional, serta mempertahankan standar layanan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses pengelolaan Tenant Relations dalam menjaga kemitraan Franchisee di PT. Indomarco Prismatama Bandung melalui pendekatan model manajerial POC3 (Planning, Organizing, Commanding, Coordinating, dan Controlling) yang dikemukakan oleh Henry Fayol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan dan wawancara mendalam dengan Franchisee Supervisor dan Tenant Relations Officer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap kegiatan dalam pengelolaan Tenant Relations di PT. Indomarco Prismatama telah diimplementasikan sesuai dengan lima fungsi manajemen dalam model POC3. Identifikasi dilakukan sebagai berikut: 1) Planning, berfokus pada identifikasi mitra Franchisee dan perencanaan strategis untuk menjaga kesinambungan hubungan kemitraan; 2) Organizing, mencakup penyusunan struktur organisasi dan pembagian tugas yang jelas antara Supervisor dan Tenant Relations Officer; 3) Commanding, meliputi pemberian instruksi dan pengarahan pelaksanaan tugas agar sesuai dengan kebijakan perusahaan; 4) Coordinating, dilakukan melalui koordinasi vertikal antara Supervisor dan TRO, serta koordinasi horizontal antar divisi untuk menyelesaikan persoalan mitra secara sinergis; dan 5) Controlling, terdiri atas evaluasi tingkat kepuasan mitra dan evaluasi kinerja Tenant Relations Officer yang dilakukan secara berkala. Temuan ini menunjukkan bahwa pengelolaan Tenant Relations tidak hanya menciptakan hubungan kerja yang harmonis, tetapi juga memperkuat sistem kemitraan Franchisee melalui penerapan prinsip manajerial yang terstruktur
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan; Tenant Relations; Kemitraan Franchisee; POC3; PT. Indomarco Prismatama |
Subjects: | Applied Psychology > Interpersonal Relations with Works Associates Commerce, Trade |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | RENDI RENDI RENDI |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 02:22 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 02:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122073 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |