Pengaruh Konseling Komunitas Online terhadap produktivitas kinerja relawan: Penelitian di Platform Edukatif Ruang Psikologi Indonesia

Nurwahidah, Rahmah Afifah (2025) Pengaruh Konseling Komunitas Online terhadap produktivitas kinerja relawan: Penelitian di Platform Edukatif Ruang Psikologi Indonesia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_Keterangan bebas plagiarism.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (BAB III)
7_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[img] Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ruang Psikologi Indonesia merupakan platform edukatif berbasis komunitas yang memberdayakan relawan sebagai penggerak program. Di tengah tuntutan tugas dan dinamika yang kompleks, data internal menunjukkan bahwa sekitar 70% relawan mengalami penurunan produktivitas setelah menjalankan peran selama satu bulan. Sehingga menimbulkan kebutuhan akan intervensi yang mampu menjadi solusi strategis seperti layanan konseling komunitas online. Penelitian bertujuan untuk: pertama, mengukur tingkat pelaksanaan konseling komunitas online; kedua, menilai tingkat produktivitas kinerja relawan; dan ketiga, menguji pengaruh konseling komunitas online terhadap produktivitas kinerja relawan pada platform edukatif Ruang Psikologi Indonesia. Berdasarkan matriks operasionalisasi variabel dapat diketahui bahwa konseling komunitas online, menurut Naqiyah (2021), mencakup cara pandang individu, aktualisasi diri, konseling multibudaya, dan keterkaitan (inextricably). Sedangkan produktivitas kinerja yang menjadi variabel dependen dalam penelitian. Produktivitas kinerja merujuk pada konsep yang dikembangkan oleh Mursi (1985), mencakup kuantitas, kualitas, efektivitas, efisiensi, dan realisasi kepuasan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode kausalitas non-eksperimental dengan desain ex post facto. Seluruh populasi relawan aktif yang berjumlah 52 orang dilibatkan melalui pendekatan sensus. Instrumen penelitian berupa survei kuesioner tertutup yang menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, tingkat pelaksanaan konseling komunitas online berada pada kategori sangat tinggi (rerata = 8,53; 85,28%); kedua, tingkat produktivitas kinerja relawan juga berada pada kategori sangat tinggi (rerata = 8,43; 84,3%); dan ketiga, hipotesis alternatif (H₁) diterima, sementara hipotesis nol (H₀) ditolak. analisis regresi linear sederhana menghasilkan nilai F sebesar 73,747 dengan signifikansi p < 0,05 serta koefisien determinasi (R²) sebesar 0,596, yang menunjukkan bahwa konseling komunitas online memberikan kontribusi signifikan terhadap 59,6% variasi dalam produktivitas kinerja relawan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa konseling komunitas online memiliki peran strategis dalam meningkatkan produktivitas relawan, sehingga layak dijadikan sebagai pendekatan intervensi dalam pengembangan kapasitas sumber daya manusia berbasis komunitas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Komunitas Online, Produktivitas Kinerja, Relawan
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Communities
Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Rahmah Afifah Nurwahidah
Date Deposited: 26 Sep 2025 02:00
Last Modified: 26 Sep 2025 02:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122185

Actions (login required)

View Item View Item