Nazira, Hasyina (2025) Penerapan metode Giving Question and Getting berbantu media Wordwall terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (325kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswadalam pembelajaran PAI-BP, di ketahui hasil belajar dari 68 siswa, sebanyak 54 siswa atau sebesar 79,41% telah mencapainilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Hal ini menunjukkan bahwa secara umum capaian nilai siswa tergolong baik. Namun demikian, capaian nilai tersebut belum sepenuhnya merepresentasikan pemahaman konsep secara mendalam. Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan metode giving question and getting answer berbantu media wordwall dalam pembelajaran PAI-BP kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi Kabupaten Bandung 2) Mengetahui hasil belajar siswa sesudah penerapan metode tersebut. Metode giving question and getting answer adalah metode pembelajaran yang efektif dan efisien karena mendorong keterlibatan aktif siswa, sehingga tujuan pembelajaran dapattercapai secara optimal (Malihah & Ihsan, 2020). Oleh karena itu,hipotesis yang diajukan adalah: terdapat pengaruh metode giving question and getting answer berbantu media wordwall terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran pai-bp. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Pengambilan sampel dengan desain non-equivalent control-group design. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji N-Gain Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode gqga berbantu media wordwall berjalan sesuai dengan rencana pembelajaran berdasarkan hasil observasi, (2) rata-rata nilai posttest kelas eksperimen meningkat menjadi 76,9, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 64,4, (3) nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 46% (kategori sedang), sementara kelas kontrol hanya 12% (kategori rendah), (4) hasil uji Independent Sample T-Test terhadap nilai posttest menunjukkan signifikansi 0,001 < 0,05yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok,Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode gqga media wordwall efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI-BP di kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi Kabupaten Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode; Media; Hasil Belajar |
Subjects: | Education Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hasyina Nazira |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 02:22 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 02:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122319 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |