Political Marketing Mix Partai Gerindra dalam pemilu legislatif tahun 2014 dan 2019 di Kabupaten Tasikmalaya

Febriani, Rissa Auliya (2025) Political Marketing Mix Partai Gerindra dalam pemilu legislatif tahun 2014 dan 2019 di Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text (LEMBAR KETERANGAN PLAGIASI)
LEMBAR KETERANGAN PLAGIASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)

Abstract

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) didirikan secara resmi pada tanggal 6 Februari tahun 2008. Di Kabupaten Tasikmalaya sendiri, Partai Gerindra memiliki perkembangan yang cukup pesat. Pada pemilu legislatif 2014 di Kabupaten Tasikmalaya, Partai Gerindra hanya memperoleh sebanyak 4 kursi legislatif dengan urutan kedua terbawah, sedangkan pada pemilu legislatif periode keduanya di tahun 2019 Partai Gerindra dapat menduduki sebanyak 9 kursi legislatif, sehingga menjadi partai politik yang meraih jumlah kursi terbanyak dalam periode tersebut. Hal ini menjadi menarik untuk diteliti karena Partai Gerindra berkembang ditengah dominasi beberapa partai politik yang memiliki basis yang kuat di daerah tersebut. Tujuan penelitian ini yakni untuk menggali bagaimana perbedaan strategi formulasi marketing politik Partai Gerindra dalam pemilu legislatif tahun 2014 dan 2019 di Kabupaten Tasikmalaya berdasarkan aspek political marketing mix yang mencakup tentang product, promotion, price, dan place yang digunakan oleh partai tersebut dalam masa kampanye. Penelitian ini menggunakan teori political marketing mix yang merupakan bagian dari kajian teori komunikasi dan marketing politik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini yaitu sumber data yang diperoleh melalui DPC Partai Gerindra Kabupaten Tasikmalaya dan data sekunder yang berasal dari hasil pendekatan studi kepustakaan (Study Library). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik wawancara yang digunkan yaitu wawancara semi terstruktur. Hasil dari penelitian ini yaitu, produk politik partai Gerindra dalam pemilu legislatif periode 2019 lebih tepat sasaran kepada kebutuhan masyarakat disbanding dengan periode 2014. Dari segi promotion, partai Gerindra di periode pemilu leislatif tahun 2014 masih menggunakan cara promotion yang tradisional, sehingga kurang menjangkau sebagian luas masyarakat, sedangkan di kampanye pemilu legislatif 2019, partai Gerindra dan kandidat yang diusungnya telah mampu menjangkau masyarakat secara leih luas, dengan mengadopsi kampanye yang lebih modern seperti memanfaatkan media sosial. Price atau harga politik partai Gerindra dalam masa kampanye pemilu legislatif di tahun 2014 dan 2019, hanya memiliki perbedaan dalam modal materil, karena pada tahun masa kampanye pemilu legislatif tahun 2019, partai Gerindra memiliki modal materil yang lebih besar disbanding dengan masa kampanye pemilu legislatif tahun 2014. Sedangkan Place partai politik Gerindra dalam masa kampanye pemilu legislatif tahun 2014 masih menggunakan cara pendekatan dengan membuat agenda sosial masyarakat. Hal yang sama digunakan di dalamkampanye pemilu legislatif tahun 2019 namun dengan menambah pendekatan interaksi langsung denga para tokoh masyarakat dia daerah tersebut sehingga dampak yang dihasilkan menjadi lebih besar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: tidak ada lampiran
Uncontrolled Keywords: Partai Gerindra; Marketig Politik; Pemilu Legislatif; Kampanye
Subjects: Political Process > Political Parties
Political Process > Parties in Indonesia
General Management > Education an, of Marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Rissa Auliya Febriani
Date Deposited: 08 Oct 2025 07:51
Last Modified: 08 Oct 2025 07:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122991

Actions (login required)

View Item View Item