Perlakuan Lembaga Pendidikan pada Guru Honorer dalam meningkatkan kualitas kompetensi Guru PAI : Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Baabussalaam dan Al-Hikmah Kota Bandung

Ulpah, Ghina (2025) Perlakuan Lembaga Pendidikan pada Guru Honorer dalam meningkatkan kualitas kompetensi Guru PAI : Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Baabussalaam dan Al-Hikmah Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf

Download (522kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran strategis guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter dan moral peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah, khususnya pada madrasah swasta yang sebagian besar mengandalkan tenaga guru honorer. Guru honorer sering menghadapi tantangan berupa rendahnya kesejahteraan, beban kerja tinggi, serta keterbatasan akses terhadap pelatihan, yang dapat memengaruhi kualitas kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. Penelitian ini bertujuan menganalisis perlakuan lembaga pendidikan terhadap guru honorer PAI, mencakup bentuk program pengembangan, tantangan implementasi, dan dampaknya terhadap peningkatan kompetensi guru. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam dengan guru honorer, kepala madrasah, dan pihak yayasan, serta observasi langsung terhadap kegiatan pembelajaran. Data sekunder dikumpulkan dari dokumen kebijakan, arsip kepegawaian, peraturan perundang-undangan, dan literatur ilmiah. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data dijamin melalui triangulasi sumber, member check, dan audit trail.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Guru Honorer; Kompetensi Guru; Pendidikan Agama Islam; Madrasah Ibtidaiyah; Pengembangan Profession
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ghina Ulpah
Date Deposited: 05 Nov 2025 03:58
Last Modified: 10 Nov 2025 03:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/124664

Actions (login required)

View Item View Item