Strategi Dakwah akun Instagram melalui konten Visual : Studi deskriptif pada akun Instagram @sholahayub

Latifah, Chaeranny Fuji Nurul (2025) Strategi Dakwah akun Instagram melalui konten Visual : Studi deskriptif pada akun Instagram @sholahayub. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini berfokus pada akun Instagram @sholahayub sebagai media dakwah visual yang menggabungkan ilustrasi dan teks untuk menyampaikan pesan keislaman secara kreatif dan relevan dengan era digital. Media sosial, khususnya Instagram, dinilai efektif dalam penyebaran pesan karena 90% informasi yang diterima otak berbentuk visual dan gambar diproses 60.000 kali lebih cepat dibanding teks. Dengan jumlah pengikut sekitar 137 ribu, @sholahayub berhasil menjangkau generasi digital native (17–35 tahun) melalui konten interaktif yang mudah diakses dan diingat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi dakwah yang di terapkan dalam konten visual di instagram, meliputi aspek (Plan) perencanaan dalam membuat konten dakwah visual, taktik (Ploy) dalam menarik perhatian dan menarik keterlibatan audiens dakwah di media sosial Instagram, pola (Pattern) dalam menyampaikan dakwah melalui konten visual di Instagram, posisi (Position), dakwah di media sosial Instagram dapat menjadi daya tarik ditengah persaingan konten lainnya, dan tanggapan (Perspekitve) followers akun @sholahayub mengenai konten dakwah visual Penelitian ini menggunakan teori 5P Strategi Henry Mintzberg (Plan, Ploy, Pattern, Position, Perspective) untuk menganalisis strategi dakwah visual yang digunakan. Metode penelitian yang dipakai adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data berupa reduksi, penyajian, dan verifikasi. Tujuan penelitian meliputi identifikasi perencanaan konten, taktik menarik audiens, pola narasi, posisi kompetitif di Instagram, dan perspektif audiens terhadap konten dakwah yang disajikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif interpretatif untuk memahami makna dibalik proses produksi dan penerimaan pesan dakwah. Teknik pengumpulan data meliputu, obsevasi konten, wawancara mendalam dengan kreator akun @sholahayub dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa @sholahayub secara konsisten menerapkan pola narasi mendalam namun ringkas, memanfaatkan kekuatan visual untuk meningkatkan keterlibatan, dan menempatkan dirinya sebagai akun dakwah yang relevan di tengah persaingan konten digital. Strategi ini terbukti efektif dalam menyampaikan pesan dakwah, dengan bertujuan untuk mengajak manusia kepada kebaikan dengan pendekatan yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan preferensi audiens.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakwah Digital; Strategi 5P’S; Instagram; Konten Visual
Subjects: Islam
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Chaeranny Fuji Nurul Latifah
Date Deposited: 06 Nov 2025 06:53
Last Modified: 06 Nov 2025 06:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125106

Actions (login required)

View Item View Item