Azizah, Auria Regina Nur (2025) Pembelajaran berbasis Sirah Nabawiyah dalam upaya pembentukan karakter siswa kelas V di SD Islam Cendekia Muda. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER (2)_115856.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK_115854.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-Auria Regina Nur Azizah.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_DAFTAR ISI_115851.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_BAB I_115848.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_BAB II_115842.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
7_BAB III_115837.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
8_BAB IV_115812.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
9_BAB V_115808.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_DAFTAR PUSTAKA_115806.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_LAMPIRAN_115657.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena minimnya kajian yang membahas mengenai Sirah Nabawiyah yang terintegrasi dengan mata pelajaran terutama di tingkat sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, proses pembelajaran, penilaian, serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran berbasis sirah nabawiyah dalam upaya pembentukan karakter di SD Islam Cendekia Muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru kelas V, siswa, dan wali murid. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran menunjukkan karakteristik yang unik karena mengintegrasikan Kurikulum Merdeka dengan pendekatan God-Centered Education (GCE) dan memuat indikator karakter dari fase kehidupan Nabi yang diintegrasikan ke seluruh mata pelajaran; (2) Pelaksanaan pembelajaran berbasis Sirah Nabawiyah di sekolah mencerminkan integrasi antara pendekatan kontekstual, pendidikan karakter, dan spiritualitas Islam yang dijalankan secara menyeluruh oleh guru, peserta didik, serta didukung penuh oleh lingkungan sekolah dan orang tua; (3) Penilaian dilakukan secara holistik melalui pengamatan sikap, partisipasi, dan perilaku siswa; (4) Faktor pendukung meliputi komitmen guru, dukungan kurikulum God Centered Education, dan keterlibatan orang tua, sedangkan faktor penghambat mencakup keterbatasan waktu, perbedaan kemampuan siswa; (5) Pembelajaran berbasis Sirah Nabawiyah dapat dikatakan berhasil membentuk karakter siswa menuju pribadi yang berakhlak mulia, walaupun efektivitas penuh dari pembelajaran ini masih perlu ditingkatkan melalui pendalaman materi Sirah, peningkatan kompetensi guru, dan kesinambungan kerja sama antara pihak sekolah dan keluarga.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Karakter, Pendidikan, Sirah Nabawiyah |
| Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Character Development Islam > Muslims Persons, Imams Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Auria Regina Nur Azizah |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 01:30 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 01:30 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125558 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



