Pembelajaran berbasis Sirah Nabawiyah dalam upaya pembentukan karakter siswa kelas V di SD Islam Cendekia Muda

Azizah, Auria Regina Nur (2025) Pembelajaran berbasis Sirah Nabawiyah dalam upaya pembentukan karakter siswa kelas V di SD Islam Cendekia Muda. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER (2)_115856.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK_115854.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-Auria Regina Nur Azizah.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_DAFTAR ISI_115851.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_BAB I_115848.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_BAB II_115842.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_BAB III_115837.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_BAB IV_115812.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_BAB V_115808.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_DAFTAR PUSTAKA_115806.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_LAMPIRAN_115657.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena minimnya kajian yang membahas mengenai Sirah Nabawiyah yang terintegrasi dengan mata pelajaran terutama di tingkat sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, proses pembelajaran, penilaian, serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran berbasis sirah nabawiyah dalam upaya pembentukan karakter di SD Islam Cendekia Muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru kelas V, siswa, dan wali murid. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran menunjukkan karakteristik yang unik karena mengintegrasikan Kurikulum Merdeka dengan pendekatan God-Centered Education (GCE) dan memuat indikator karakter dari fase kehidupan Nabi yang diintegrasikan ke seluruh mata pelajaran; (2) Pelaksanaan pembelajaran berbasis Sirah Nabawiyah di sekolah mencerminkan integrasi antara pendekatan kontekstual, pendidikan karakter, dan spiritualitas Islam yang dijalankan secara menyeluruh oleh guru, peserta didik, serta didukung penuh oleh lingkungan sekolah dan orang tua; (3) Penilaian dilakukan secara holistik melalui pengamatan sikap, partisipasi, dan perilaku siswa; (4) Faktor pendukung meliputi komitmen guru, dukungan kurikulum God Centered Education, dan keterlibatan orang tua, sedangkan faktor penghambat mencakup keterbatasan waktu, perbedaan kemampuan siswa; (5) Pembelajaran berbasis Sirah Nabawiyah dapat dikatakan berhasil membentuk karakter siswa menuju pribadi yang berakhlak mulia, walaupun efektivitas penuh dari pembelajaran ini masih perlu ditingkatkan melalui pendalaman materi Sirah, peningkatan kompetensi guru, dan kesinambungan kerja sama antara pihak sekolah dan keluarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Karakter, Pendidikan, Sirah Nabawiyah
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Islam > Muslims Persons, Imams
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Auria Regina Nur Azizah
Date Deposited: 20 Nov 2025 01:30
Last Modified: 20 Nov 2025 01:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125558

Actions (login required)

View Item View Item