Desain pembelajaran inkuiri berbasis Socioscientific Issues (SSI) untuk meningkatkan literasi halal dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Zat Aditif dan Adiktif

Kurmatillah, Laeli (2025) Desain pembelajaran inkuiri berbasis Socioscientific Issues (SSI) untuk meningkatkan literasi halal dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Zat Aditif dan Adiktif. Masters thesis, UIN Suna Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
01. Cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
03. Surat Keterangan Bebas Plagiarism (2).pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
04. Daftar Isi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
05. Bab 1.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
06. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
07. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
08. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
09. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran inkuiri berbasis Socioscientific Issues (SSI) dalam meningkatkan literasi halal dan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi zat aditif dan adiktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Desain penelitian menggunakan one group pretest–posttest design dengan sampel penelitian 33 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Jatinangor. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, lembar keterlaksanaan pembelajaran, tes literasi halal, dan tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran memperoleh nilai kelayakan dari validator sebesar 97,76% dengan kategori sangat layak. Keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata skor 83,6%. Rata-rata literasi halal peserta didik meningkat dari 52,73 (pretest) menjadi 75,45 (posttest) dengan N-gain 0,51 (kategori sedang). Keterampilan berpikir kritis meningkat dari 47,5 menjadi 74,7 dengan N-gain 0,54 (kategori sedang). Indikator literasi halal yang mengalami peningkatan tertinggi adalah konteks dengan N-gain 0,68, sedangkan indikator keterampilan berpikir kritis yang paling tinggi adalah analisis dengan N-gain 0,69. Desain pembelajaran inkuiri berbasis SSI pada materi zat aditif dan adiktif dinyatakan layak dan dapat digunakan untuk meningkatkan literasi halal dan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Desain pembelajaran inkuiri; socioscientific issues; literasi halal; keterampilan berpikir kritis; zat aditif dan adiktif
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Natural Science
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: laeli Kurmatillah
Date Deposited: 24 Nov 2025 02:44
Last Modified: 24 Nov 2025 03:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125803

Actions (login required)

View Item View Item