Sahliah, Sahliah (2025) Internalisasi nilai-nilai pluralisme pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius: Penelitian di SMPN 46 Bandung dan SMPN 2 Cileunyi Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (Caver)
Caver.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text (ABSRAK)
ABSTRAK.pdf Download (760kB) | Preview |
|
|
Text (lEMBAR pERNYATAAN)
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTRA ISI.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (705kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) |
||
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberagaman agama, budaya, dan latar belakang sosial siswa di sekolah yang menuntut adanya penanaman nilai-nilai pluralisme melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam, agar terbentuk karakter religius yang toleran, empati dan mampu menghargai perbedaan. Sehingga salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menginternalisasikan nilai-nilai pluralisme melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk membentuk karakter religius siswa yang toleran, dan mampu menghargai perbedaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, implementasi, faktor pendukung dan penghambat, hasil, dampak nilai-nilai pluralisme dalam pembelajaran PAI dalam membentuk karakter religius di SMPN 46 Bandung dan SMPN 2 Cileunyi Bandung. Penelitian ini didasari oleh pemikiran bahwa keberagaman merupakan realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan sekolah maupun masyarakat, sehingga diperlukan internalisasi nilai-nilai pluralisme melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter religius siswa yang toleran, empati, dan menghargai keberagaman. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini berfokus pada proses internalisasi nilai-nilai pluralisme dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah, melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan/verifikasi untuk menggambarkan secara mendalam bagaimana internalisasi nilai pluralisme dapat meningkatkan karakter religius siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan program Internalisasi nilai- nilai pluralisme pada pembelajaran PAI dalam membentuk karakter religius di SMPN 46 Bandung dan SMPN 2 Cileunyi dilakukan dengan merancang kurikulum dan metode pembelajaran PAI yang integratif. Integrasi nilai pluralisme ke dalam tema PAI sesuai kompetensi dasar dan melalui program yang terdiri dari program harian, program mingguan, program bulanan, program semester, program tahunan dan program khusus. Kegiatan tersebut seluruhnya melibatkan semua siswa supaya mereka memiliki nilai-nilai karakter religius sesuai dengan pendidikan karakter. Implementasi program internalisasi nilai-nilai pluralisme pada pembelajaran PAI dalam membentuk karakter religius di SMPN 46 Bandung dan SMPN 2 Cileunyi melalaui tiga tahap yaitu pertama tahap transformasi nilai; guru menyampaikan materi dan teladan yang menekankan pentingnya nilai pluralisme, kedua tahap transaksi nilai, terjadinya interaksi edukatif antara guru dan siswa melalui pembelajaran, keteladanan, dan tahap ketiga transinternalisasi nilai melalui aktivitas keseharian di sekolah. Faktor pendukung dan penghambat program internalisasi nilai-nilai Pluralisme pada pembelajaran PAI dalam membentuk karakter religius di SMPN 46 Bandung dan SMPN 2 Cileunyi yaitu faktor interal dan faktor eksternal. Hasil program internalisasi nilai-nilai pluralisme pada pembelajaran PAI dalam membentuk karakter religius di SMPN 46 Bandung dan SMPN 2 Cileunyi menunjukkan tingkat keberhasilan yang signifikan dalam membentuk karakter religius peserta didik yang toleran, empati, dan menghargai keberagaman. Dampak program Internalisasi nilai-nilai pluralisme pada pembelajaran PAI dalam membentuk karakter religius di SMPN 46 Bandung dan SMPN 2 Cileunyi yaitu membawa pengaruh positif yang nyata terhadap pembentukan karakter religius siswa, baik dari segi langsung maupun tidak langsung.
| Item Type: | Thesis (Doktoral) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | INTERNALISASI; PLURALISME; KARAKTER RELIGIUS |
| Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Education |
| Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Sahliah Sahliah Sahliah |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 07:14 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 07:15 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126067 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



