Mazidah, Sania Syifa (2025) Pengaruh kegiatan ecoprint dengan teknik pounding terhadap perkembangan kognitif anak usia dini: Kuasi eksperimen di kelompok B RA Al-Misbah Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (176kB) |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (172kB) |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (769kB) |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (189kB) |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (352kB) |
|
|
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
|
|
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) | Request a copy |
|
|
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
|
|
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
|
|
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
|
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada saat observasi awal di Kelompok B RA Al-Misbah Kecamatan Cibiru Kota Bandung, bahwa perkembangan kognitif anak kelompok B masih belum berkembang secara optimal. Sebagian besar anak kelompok B masih perlu bimbingan dalam menyelesaikan tugasnya di kegiatan inti, seperti kurangnya antusias pada kegiatan menebak angka, anak lebih banyak bengong dan asyik sendiri; anak perlu dijelaskan beberapa kali dalam memahami tugasnya; anak kurang menunjukkan sikap kreatif dalam menyelesaikan tugasnya. Hal tersebut dikarenakan kegiatan pembelajaran yang kurang variatif sehingga anak menunjukkan sikap kurang antusias dan asyik dengan dirinya sendiri ketika proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perkembangan kognitif anak usia dini melalui kegiatan ecoprint dengan teknik pounding (kelas eksperimen); (2) Perkembangan kognitif anak usia dini melalui kegiatan literasi dan numerasi menggunakan LKPD (kelas kontrol); (3) Perbedaan perkembangan kognitif anak usia dini antara kegiatan ecoprint dengan teknik pounding dengan kegiatan literasi dan numerasi menggunakan LKPD. Perkembangan kognitif anak usia dini merupakan kemampuan berpikir anak dalam memahami lingkungan sekitarnya melalui proses belajar ataupun adaptasi dengan lingkungan sehingga pengetahuan anak bertambah. Semakin banyak stimulasi dan kesempatan belajar yang diberikan, maka perkembangan kognitif anak semakin baik. Kegiatan ecoprint dengan teknik pounding menjadi salah satu rekomendasi dalam memberikan pengalaman belajar bermakna, interaktif dan menyenangkan bagi anak untuk mengoptimalkan seluruh aspek perkembangan anak khususnya perkembangan kognitif anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Penelitian ini melibatkan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek pada penelitian ini berjumlah 25 anak. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, yang berarti semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji parsial item per indikator, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen sebesar 60 dengan kategori cukup dan rata-rata posttest sebesar 82 dengan kategori sangat baik. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest sebesar 57 dengan kategori kurang dan rata-rata posttest sebesar 68 dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh harga t_hitung (4,620) > t_tabel (2,069). Maka, hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan perkembangan kognitif anak usia dini antara kegiatan ecoprint dengan teknik pounding dengan kegiatan literasi dan numerasi menggunakan LKPD di Kelompok B RA Al-Misbah Kecamatan Cibiru Kota Bandung.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Anak Usia Dini; Perkembangan Kognitif; Ecoprint |
| Subjects: | Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
| Depositing User: | Sania Syifa Mazidah |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 02:16 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 02:16 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126393 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



