Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan penerapan model Resource Based Learning berbasis Flash Mnemonic

Fatimah, Hanna Fitria (2025) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan penerapan model Resource Based Learning berbasis Flash Mnemonic. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
00 COVER.pdf

Download (234kB)
[img] Text (ABSTRAK)
01 ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
03 Keterangan Bebas Plagiarisme (1).pdf

Download (363kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
04 DAFTAR ISI (1).pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (482kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika karena membantu peserta didik memahami konsep secara mendalam dan menyelesaikan masalah secara bermakna, namun hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa kemampuan tersebut masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik melalui penerapan Model Resource Based Learning berbasis Flash Mnemonic. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design pada populasi peserta didik kelas VIII tahun ajaran 2024/2025, dengan sampel terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan pemahaman matematis yang telah memenuhi kriteria valid dan reliabel, lembar observasi, serta angket respons siswa. Teknik pengolahan data dilakukan melalui analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, serta uji independent t-test terhadap nilai N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Model Resource Based Learning berbasis Flash Mnemonic terlaksana sangat baik; peningkatan kemampuan pemahaman matematis pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol; serta respons siswa berada pada kategori positif. Berdasarkan hasil tersebut, model ini direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis, serta dapat dikembangkan pada materi dan jenjang berbeda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Matematis; Model Resource Based Learning; Flash Mnemonic
Subjects: Mathematics
Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Hanna Fitria Fatimah
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:16
Last Modified: 10 Dec 2025 07:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126479

Actions (login required)

View Item View Item