Penerapan pembelajaran Berbasis Duality, Necessity and Repeated Reasoning (DNR) berbantuan symbolab untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa

Wahidah, Khairunnisa (2025) Penerapan pembelajaran Berbasis Duality, Necessity and Repeated Reasoning (DNR) berbantuan symbolab untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan penelitian terdahulu yang menunjukkan kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa SMP dalam pembelajaran matematika perlu ditingkatkan sesuai dengan indikatornya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keterlaksanaan model pembelajaran Duality, Necessity, and Repeated Reasoning (DNR) berbantuan aplikasi Symbolab serta menganalisis efektivitasnya terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini adalah 11 kelas VIII salah satu SMP Negeri di Kabupaten Sumedang dengan 2 kelas sebagai sampelnya. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen tes yang validitas tiap soalnya sedang hingga tinggi dengan reliabilitas sedang untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis dan instrumen non-tes yang telah divalidasi oleh ahli untuk mengukur disposisi matematis. Hasil temuan menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran DNR-Symbolab berada dalam kategori sangat baik. Nilai N-Gain pada penelitian ini tergolong rendah sehingga mengindikasi tujuan pembelajaran yang tidak tercapai. Namun hasil Uji t’ (t aksen) menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas eksperimen terbukti secara signifikan lebih baik daripada kelas kontrol. Selain itu, disposisi matematis siswa di kelas eksperimen menunjukkan sikap yang positif dengan rata-rata skor di atas kategori netral. Untuk itu pembelajaran DNR berbantuan Symbolab belum efektif secara maksimal dalam meningkatkan komunikasi matematis namun dapat menumbuhkan disposisi matematis siswa. Model pembelajaran ini memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut agar menjadi alternatif inovatif untuk mencapai efektivitas yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: DNR; Symbolab; Komunikasi Matematis; Disposisi Matematis
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Khairunnisa Wahidah
Date Deposited: 15 Dec 2025 03:24
Last Modified: 15 Dec 2025 03:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126666

Actions (login required)

View Item View Item