Penerapan model pembelajaran Context Based Learning (CBL) pada konsep larutan penyangga: Penelitian kelas terhadap siswa kelas XI MIPA SMA Mekar Arum

Kurniati, Nati (2018) Penerapan model pembelajaran Context Based Learning (CBL) pada konsep larutan penyangga: Penelitian kelas terhadap siswa kelas XI MIPA SMA Mekar Arum. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep larutan penyangga. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan aktivitas siswa, menganalisis kemampuan siswa dalam mengerjakan LKPD, dan menganalisis hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan model Context Based Learning (CBL) pada konsep larutan penyangga. Metode yang digunakan adalah penelitian kelas dengan subjek siswa kelas XI MIPA 2 SMA Mekar Arum. Persentase aktivitas siswa pada penelitian ini adalah 92% dengan kategori sangat baik. Kemampuan siswa dalam mengerjakan LKPD dikategorikan baik sekali dengan nilai rata-rata 91. Hasil belajar siswa kelompok prestasi tinggi adalah 83 dengan kategori baik sekali. Sedangkan hasil belajar kelompok prestasi sedang dan rendah berturut-turut 76 dan 72 dengan kategori baik. Hal ini disebabkan karena model CBL ini berawal dari konteks sehingga memotivasi siswa untuk memahami konsep yang dipelajar sehingga hasil belajarnya pun baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Context Based Learning (CBL) dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Context Based Learning (CBL); larutan penyangga; hasil belajar.
Subjects: Education, Research
Chemistry and Allied Science > Chemists
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Nati Kurniati
Date Deposited: 09 Nov 2018 06:45
Last Modified: 09 Nov 2018 06:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16525

Actions (login required)

View Item View Item