Samsudin, Agus (2018) Pembiasaan perilaku keberagamaan peserta didik melalui program shalat dhuha: studi di SMK Husnul Khotimah Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Masters thesis, UIN Sunan Dunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (164kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (593kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang peneliti temukan di lapangan bahwa sekolah, khususnya Pendidikan Agama Islam kurang memperhatikan aspek perilaku keberagamaan peserta didik dan cenderung lebih banyak berkutat pada upaya mengajarkan Islam kepada peserta didik serta lebih didominasi pengajaran aspek kognitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: tujuan, program, proses, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat serta keberhasilan pembiasaan perilaku keberagamaan peserta didik melalui program shalat dhuha di SMK Husnul Khotimah Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan memilah data yang diperoleh kemudian dikumpulkan untuk dianalisis dan diambil kesimpulan. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa program tersebut dirasa cukup berhasil dalam membentuk dan membiasakan perilaku keberagamaan peserta didik. Tujuan program yang tercapai dengan baik, proses pelaksanaan yang berjalan dengan lancar, evaluasi yang terus menerus dilaksanakan, faktor pendukung yang terus ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitasnya, faktor penghambat yang bisa diminimalisir sedikit mungkin, dan keberhasilan yang bisa dilihat dari indikatorindikator perilaku keberagamaan menunjukan bahwa program tersebut layak dan patut dipertahankan dan dikembangkan lebih baik lagi dalam membentuk dan membiasakan peserta didik berperilaku sesuai dengan ajaran agama Islam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembiasaan; Perilaku Keberagamaan; Program Shalat Dhuha |
Subjects: | Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Agus Samsudin |
Date Deposited: | 26 Nov 2018 07:52 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 03:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16961 |
Actions (login required)
View Item |