Marom, Rizaludin (2015) Penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain Write (POEW) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi fluida statis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (507kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
Abstract
Model pembelajaran yang kurang menarik minat siswa dalam belajar menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya penguasaan konsep siswa. Hal ini ditunjukan dari hasil rata-rata ulangan harian siswa pada materi fisika masih tergolong rendah. Salah satu solusi mengatasi permasalahan ini adalah model predict-observe-explain-write (POEW) sebagai model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran fisika dengan model pembelajaran POEW dan peningkatan penguasaan konsep siswa setelah proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode pre eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Guna Dharma Bandung yang berjumlah satu kelas. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh sehingga semua populasi dijadikan sebagai sampel penelitian yaitu kelas XI IPA. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan tes penguasaan konsep berbentuk pilihan ganda sebanyak 12 soal. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran terlaksana sangat baik dan rata-rata keterlaksanaan mencapai 92,89%. Nilai rata-rata pretest siswa sebesar 40,40 meningkat pada saat posttest menjadi 76,65. Hasil perhitungan dengan uji t menunjukan bahwa penguasaan konsep siswa mengalami peningkatan signifikan setelah penerapan model pembelajaran POEW dengan thitung 7,64 lebih besar dari nilai ttabel 2,09. Besarnya peningkatan penguasaan konsep rata-rata ditunjukkan oleh indeks normal gain sebesar 0,59 dengan kategori peningkatan sedang. Hasil ini menunjukan bahwa model pembelajaran predict-observe-explain-write (POEW) dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran predict-observe-explain-write (POEW); penguasaan konsep siswa; fluida statis; |
Subjects: | Physics > Data Processing and Analysis of Physics Modern Physics > Molecular Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 22 Jan 2019 08:52 |
Last Modified: | 22 Jan 2019 08:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18224 |
Actions (login required)
View Item |