Dhinesa, Moch. Sutria (2019) Penerapan strategi pembelajaran partisipatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa: Penelitian eksperimen pada siswa kelas viii SMP PGRI Balaraja. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (382kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
Abstract
Pengajaran akan mengundang partisipasi siswa bila mereka diberikan kesempatan: kesempatan untuk mengemukakan pendapat, bertanya, mengomentari pendapat guru atau teman-temannya, berdiskusi dengan temannya, dan lain-lain. Model pembelajaran partisipatif (Participative Teaching And Learning) merupakan model pembelajaran dengan melibatkan peserta didik secara aktif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran partisipatif. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) Aktifitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran partisipatif pada kelas eksperimen pada setiap pertemuannya mengalami peningkatan dan terlaksana dengan sangat baik; (b) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh strategi Pembelajaran partisipatif lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (b) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan mengenai pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan tingkat PAM dengan kategori tinggi, sedang, rendah; (c) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa yang signifikan antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran partisipatif dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (d) Tidak terdapat interaksi antara tingkat PAM (tinggi, sedang, rendah) siswa dengan pembelajaran; (e) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan strategi pembelajaran partisipatif secara umum memberikan sikap positif. Strategi Pembelajaran partispatif menuntut siswa secara aktif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sehingga mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran partisipatif; kemampuan komunikasi matematik |
Subjects: | Education Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Moch. Sutria Dhinesa |
Date Deposited: | 21 Nov 2019 07:24 |
Last Modified: | 21 Nov 2019 07:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27362 |
Actions (login required)
View Item |