Nugraha, Deri (2019) Penerapan model pembelajaran Double Loop Problem Solving berbasis literasi sains terhadap kemampuan penalaran ilmiah pada materi sistem pernapasan: Penelitian pre-eksperiment pada siswa kelas VIII SMP Mekar Arum. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (375kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (790kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran sehingga kemampuan penalaran ilmiah siswa tidak berkembang baik. Salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan yaitu model pembelajaran double loop problem solving berbasis literasi sains karena menekankan kepada proses bernalar siswa ketika melakukan proses analisis, mencari informasi, menemukan penyebab, dan mengimplementasikan solusi dari akar masalah dari dua loop berbeda. Penelitian ini bertujuan menganalisis proses penerapan dan keterlaksanaan model pembelajaran double loop problem solving berbasis literasi sains pada materi sistem pernapasan manusia terhadap kemampuan penalaran ilmiah siswa SMP Mekar Arum kelas VIII A. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperiment tipe one grouf pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan validitas RPP yaitu 82% dengan kriteria layak dan validitas LKS yaitu 84% dengan kriteria layak. Keterlaksanaan aktivitas guru yaitu 89% dengan kriteria baik dan aktivitas siswa yaitu 90% dengan kriteria baik. Kemampuan penalaran ilmiah siswa setelah diterapkan model pembelajaran double loop problem solving berbasis literasi sains memperoleh rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,67 dengan kriteria sedang. Analisis uji t’ dengan α 5% menunjukkan nilai t’ (12,54) > nKt’ (1,70) maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan model pembelajaran double loop problem solving berbasis literasi sains dapat meningkatkan kemampuan penalaran ilmiah siswa pada materi sistem pernapasan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penalaran ilmiah; double loop problem solving; literasi sains; sistem pernapasan; |
Subjects: | Education Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Deri Nugraha |
Date Deposited: | 13 Dec 2019 03:13 |
Last Modified: | 13 Dec 2019 03:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28248 |
Actions (login required)
View Item |