Sanusi, Hary Priatna (2020) Peningkatan mutu madrasah berbasis manajemen strategik: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1. COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf Download (534kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (809kB) |
||
Text (BAB III)
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
||
Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) |
||
Text (BAB V)
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang muncul di madrasah, yaitu: 1) masih rendahnya mutu lulusan, di MAN 1 dengan rata-rata hasil UAN 58,5 dan MAN 2 57,8 dari skor maksimal 100; 2) masih belum konsitennya perencanaan, pelaksanaan, evaluasi program dalam rangka peningkatan mutu; 3) Kebutuhan masyarakat terhadap output madrasah yang memiliki keterampilan yang bersifat praktis. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi: program kerja, implementasi program, evaluasi implementasi program, dampak program dan faktor pendukung serta penghambat peningkatan mutu madrasah. Grand theory penelitian ini menggunakan prinsip manajemen pendidikan Islam Munir al-Husry Sarhan yaitu: 1) ikhlas; 2) kejujuran; 3) amanah; 4) adil; 5) tanggungjawab; 6) dinamis dan 7) fleksibel. Middle range theory menggunakan manajemen mutu trilogy Juran yaitu: 1) perencanaan kualitas; 2) pengendalian kualitas; dan 3) perbaikan kualitas. Applied theory yakni teori manajemen strategik Fred R. David yaitu: 1) perumusan strategi; 2) implementasi strategi; 3) evaluasi strategi. Sehingga akan menghasilkan pendidikan yang bermutu dan peningkatan kepercayaan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-naturalistik, dengan jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian ini adalah studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) program yang disusun bertumpu pada standar kompetensi lulusan, isi, proses, tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolan, pembiayaan dan penilaian; 2) implementasi program peningkatan mutu berbasis manajemen strategik melalui proses: perencanaan waktu kegiatan, penentuan sumber daya, prosedur pelaksanaan program dan eksekusi implementasi program; 3) evaluasi peningkatan mutu melalui evaluasi penilaian terhadap kebutuhan, penilaian tentang masukan, penilaian tentang proses dan penilaian hasil; 4) dampak implementasi secara positif terlihat pada: akreditasi BAN S/M, keefektipan pelaksanaan program, prestasi akademik maupun non akademik peserta didik dan meningkatnya kepercayaan masyarakat. Faktor pendukung internal, yaitu: komitmen kuat kepala madrasah dan dukungan wakamad dan kerjasama dengan para tenaga pendidik serta kependidikan, faktor eskternal, yaitu: dukungan dari komite dan orangtua dan kepercayaan dari orangtua meningkat. Faktor penghambat dalam implementasi peningkatan mutu di madrasah ini yaitu: masih rendahnya kesadaran tenaga pendidik dan kependidikan tentang mutu, dan dukungan yang masih rendah dari sebagian masyarakat.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mutu madrasah; manajemen strategik; madrasah aliyah; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam |
Depositing User: | Hary Priatna Sanusi |
Date Deposited: | 30 Dec 2020 06:39 |
Last Modified: | 30 Dec 2020 06:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36036 |
Actions (login required)
View Item |