Abdillah, Rahma Nur (2021) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan aplikasi Symbolab : Penelitian kuasi eksperimen di MTs Al-Ahliyah Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (365kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (884kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (848kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan aplikasi symbolab. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen melibatkan sampel 60 siswa kelas VIII di MTs Al-Ahliyah Karawang. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan komunikasi matematis dan non tes angket kemandirian belajar. Hasil temuan menunjukan bahwa: (a) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan aplikasi symbolab dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (b) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan aplikasi symbolab dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konensional berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematika (PAM) kategori tinggi, sedang dan rendah; (c) Terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa terhadap pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan aplikasi symbolab; (d) Kesulitan pada beberapa permasalahan dapat diminimalisir dengan latihan soal non rutin bersama kelompok. Pembelajaran kooperatif berbasis Symbolab memfasilitasi proses konstruksi, interaksi dan refleksi, sehingga mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis; Kemandirian Belajar; Team Assisted Individualization; Symbolab |
Subjects: | Education Education > Statistic of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Mathematics Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rahma Nur Abdillah |
Date Deposited: | 01 Sep 2021 02:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2021 02:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/42382 |
Actions (login required)
View Item |