Pesan dakwah tentang adab pergaulan laki laki dan perempuan dalam film Ajari Aku Islam : Analisis semiotika model Roland Barthes

Amini, Lutfiah (2021) Pesan dakwah tentang adab pergaulan laki laki dan perempuan dalam film Ajari Aku Islam : Analisis semiotika model Roland Barthes. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, media dakwah pun ikut berkembang. Salah satunya ada pada media film. Film merupakan suatu kombinasi antar usaha penyampaian pesan melalui gambar yang bergerak, pemanfaatan teknologi kamera, warna dan suara. Media film seringkali dijadikan sebagai media untuk menyampaikan suatu pesan tertentu kepada penontonnya. Salah satu film yang banyak mengandung pesan dakwah adalah film Ajari Aku Islam. Film ini bercerita tentang Kenny seorang laki-laki non Muslim keturunan Tionghoa yang jatuh cinta kepada Fidya seorang perempuan Muslimah asal Melayu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna yang disampaikan sutradara melalui beberapa scene pada film Ajari Aku Islam dengan mengambil focus pada satu bidang pesan dakwah yaitu adab pergaulan laki-laki dan perempuan melalui tiga makna yaitu makna denotasi, makna konotasi dan makna mitos pada beberapa scene pada film Ajari Aku Islam. Pada penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif dengan memakai teori semiotika milik Roland Barthes, yang mana terdapat tiga aspek yaitu makna denotasi, makna konotasi dan makna mitos. Kemudian teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan teori semiotika model Roland Barthes, pesan dakwah tentang adab pergaulan laki-laki dan perempuan dalam film Ajari Aku Islam memiliki makna denotasi yaitu seorang laki-laki yang bertemu dengan perempuan berhijab. Setiap mereka bertemu mereka menunjukan adab yang seharusnya dipatuhi dalam bergaul dengan lawan jenis. kemudian makna konotasi yang ditunjukan oleh gesture pada 7 adegan pada film yang menunjukan adanya larangan bersentuhan tangan, adab bertamu, adab berjalan bagi wanita maupun laki-laki, tidak keluar rumah tanpa mahram untuk seorang perempuan serta hendaknya saling menjaga pandangan antar lawan jenis. Lalu makna mitos pada film ini ada pada scene keenam, yaitu menunjukan baju koko yang merupakan baju yang biasa digunakan untuk melaksanakan ibadah shalat. Buku iqra merupakan buku yang merisi metode pembelajaran awal untuk dapat membaca Qur’an. Buku iqra ini ditulis oleh KH As’ad Human yang berasal dari Yogyakarta. Buku ini biasanya dipelajari oleh seseorang yang ingin bisa membaca Al-Quran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Film; Semiotika
Subjects: Islam > Da'wah
Philosopy and Theory > Semiotics
Public Performances > Filmscripts
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: lutfiah amini
Date Deposited: 05 Nov 2021 07:32
Last Modified: 05 Nov 2021 07:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45953

Actions (login required)

View Item View Item