Hubungan kemampuan literasi sains dengan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di MTs Al-Falaah Bantul

Sholikha, Siti Mar'atus (2021) Hubungan kemampuan literasi sains dengan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di MTs Al-Falaah Bantul. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh publikasi hasil PISA 2018 untuk Indonesia khususnya pada bidang literasi sains yang mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk mengetahui hubungan yang ada antara kemampuan literasi sains dengan hasil belajar siswa pada materi pencernaan manusia di MTs Al-Falaah. Instrumen yang digunakan berupa lembar soal tes kemampuan literasi sains siswa, nilai tes hasil belajar siswa, dan lembar wawancara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa MTs Al-Falah berada pada kategori sedang dengan nilai rerata 62,27. Adapun untuk hasil belajar siswa berada pada kategori sedang dengan persentase jumlah siswa yang berada diatas KKM sebesar 56,7%. Sedangkan untuk hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,135>2,045). Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa adanya hubungan yang positif antara kemampuan literasi sains siswa dengan hasil belajar siswa yang bersifat nyata sebesar 0,371 dan termasuk kategori rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Literasi Sains; Hasil Belajar; Sistem Pencernaan Manusia;
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Mammalia, Mammals > Human Biological Ecology
Human Anatomy, Cytology, Histology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Siti Mar'atus Sholikhah
Date Deposited: 20 Dec 2021 05:48
Last Modified: 20 Dec 2021 05:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46976

Actions (login required)

View Item View Item