Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi perubahan lingkungan

Pamungkas, Diki Agus Catur (2020) Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover.pdf

Download (35MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (35MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. Daftar isi.pdf

Download (35MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4. BAB 1.pdf

Download (35MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya keterampilan proses sains yang dimiliki oleh siswa, maka model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) diterapkan agar keterampilan proses sains siswa dapat meningkat. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learnng (CTL), mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains setelah diterapkannya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental dengan desain one-group pretest and posttest design. Sampel yang digunakan dua kelas, yaitu kelas X MIA 2 dan X MIA 3 dengan total 70 siswa. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi, tes keterampilan proses sains dan angket. Hasil penelitian menunjukan keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 95% dan siswa sebesar 77% dengan menggunakan model pembelajaran CTL memiliki kategori sangat baik. Keterampilan proses sains siswa meningkat dengan perolehan N-Gain sebesar 0,70. Peningkatan perindikator keterampilan proses sains dilihat dari perolehan N-Gain menunjukan kategori sedang dan tinggi. Respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan model CTL berada dalam kategori tinggi dengan perolehan presentase sebesar 75%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat membantu meningkatkan keterampialn proses sains siswa pada materi perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains; Model CTL; Perubahan Lingkungan
Subjects: Education
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Personal Health, Hygiene > Environmental Factor
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Diki Agus Catur Pamungkas
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:52
Last Modified: 27 Dec 2021 02:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47111

Actions (login required)

View Item View Item