Pamungkas, Diki Agus Catur (2020) Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1. Cover.pdf Download (35MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (35MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3. Daftar isi.pdf Download (35MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4. BAB 1.pdf Download (35MB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (35MB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
6. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
7. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (35MB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
8. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (35MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. Daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (35MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya keterampilan proses sains yang dimiliki oleh siswa, maka model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) diterapkan agar keterampilan proses sains siswa dapat meningkat. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learnng (CTL), mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains setelah diterapkannya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental dengan desain one-group pretest and posttest design. Sampel yang digunakan dua kelas, yaitu kelas X MIA 2 dan X MIA 3 dengan total 70 siswa. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi, tes keterampilan proses sains dan angket. Hasil penelitian menunjukan keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 95% dan siswa sebesar 77% dengan menggunakan model pembelajaran CTL memiliki kategori sangat baik. Keterampilan proses sains siswa meningkat dengan perolehan N-Gain sebesar 0,70. Peningkatan perindikator keterampilan proses sains dilihat dari perolehan N-Gain menunjukan kategori sedang dan tinggi. Respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan model CTL berada dalam kategori tinggi dengan perolehan presentase sebesar 75%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat membantu meningkatkan keterampialn proses sains siswa pada materi perubahan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Proses Sains; Model CTL; Perubahan Lingkungan |
Subjects: | Education Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Personal Health, Hygiene > Environmental Factor |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Diki Agus Catur Pamungkas |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 02:52 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 02:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47111 |
Actions (login required)
View Item |