Asyidik, Muhamad Dudi (2021) Pengembangan media berbasis Sparkol Videoscribe dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi gelombang bunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (1).pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (797kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (984kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) | Request a copy |
Abstract
Sparkol Videoscribe merupakan multimedia alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan dalam mendapati tingkat kelayakan media Sparkol Videoscribe sebagai media pembelajaran, keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi gelombang bunyi. Metode penelitian yang digunakan berupa Research and Development (R&D) dengan penggunaan model penelitian yaitu Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE). Persentase lembar validasi media pembelajaran, lembar keterlaksanaan pembelajaran (AABTLT with SAS), uji paired sample t-test dan N-Gain digunakan dalam menganalisis data penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Cikijing dengan jumlah 31 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Sparkol Videoscribe sangat layak diterapkan sebagai media pembelajaran dengan hasil rata-rata validasi dan uji coba skala kecil sebesar 93,18%, keterlaksanaan kegiatan pembelajaran masuk pada kategori sangat efektif dengan rata-rata persentase sebesar 86,16%. Adapun hasil pengujian hipotesis, menggunakan uji paired sample t-test melalui taraf signifikansi 0,05 memperoleh nilai t_hitung sebesar 97,8907 dan t_tabel sebesar 2,0345 (t_hitung>t_tabel). Peningkatan keterampilan berpikir kreatif ditunjukkan dengan perolehan nilai N-Gain sebesar 0,80 termasuk dalam kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah belajar dengan media pembelajaran Sparkol Videoscribe pada materi gelombang bunyi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sparkol Videoscribe; Keterampilan Berpikir Kreatif; Gelombang Bunyi; Media Pembelajaran |
Subjects: | Conscious Mental Process and Intelligence > Imagination, Imagery, Creativity Education, Research Sound and Related Vibrations > Characteristics of Sound Engineering > Reflection and Refraction of Sound |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Muhamad Dudi Asyidik |
Date Deposited: | 01 Mar 2022 02:38 |
Last Modified: | 01 Mar 2022 02:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/49257 |
Actions (login required)
View Item |