Pramadita, Raden Roro Widyastami (2022) Hubungan Peer Attachment dan Self Esteem dengan Celebrity Worship pada komunitas penggemar K-Pop Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (221kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
Abstract
Saat ini informasi Korean wave atau Hallyu yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia adalah musik Korean Pop. Banyak idol K-pop yang memiliki penggemar berasal dari Indonesia. Banyak konser yang diselenggarakan oleh idol K-pop sebab mengetahui bahwa banyaknya penggemar dari Indonesia. Berdasarkan fenomena ini banyak penggemar yang menyukai idol K-pop dengan berlebihan hingga merugikan diri sendiri bahkan orang lain. Dalam psikologi fenomena ini disebut dengan celebrity worship. Menurut Maltby, celebrity worship adalah suatu sikap pemujaan terhadap selebriti yang disukai karena dipengaruhi kebiasaan dalam melihat, mendengar, membaca tentang selebrti yang disukai secara berlebihan sampai menimbulkan rasa empati hingga obsesi kepada artis yang di puja nya (Mandas et al., 2018). Tujuan dari penelitian ini adalah mencari tau bagaimana hubungan dari faktor celebrity worship yaitu peer attachment dan self esteem dengan perilaku celebrity worship. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatf dengan design korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah anggota whatsapp komunitas K-pop Bandung yang diambil sampel sebanyak 129 orang. Skala yang digunakan untuk mengukur penelitian ini adalah IPPA yang dikembangkan oleh Armsdern dan Greenberg (2009), Rosenberg Self Esteem Scale (RSES) dan The Celebrity Attitude Scale (CAS). Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara peer attachment dan self esteem dengan celebrity worship pada komunitas penggemar K-pop dengan tingkat yang cukup kuat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Korean pop;celebrity worship;peer attachment;self esteem |
Subjects: | Psychology Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Social Groups |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Raden Roro Widyastami Pramadita |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 03:00 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 03:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50420 |
Actions (login required)
View Item |