Nursamsiah, Anna Sayyidah (2023) Penerapan model pembelajaran Orientation, Identify, Discussion, Decission, And Engage In Behavior (OIDDE) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi gerak harmonik sederhana. Diploma thesis, UIN sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_cover.docx.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.docx.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (291kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik, dimana pada abad 21 ini pendidikan haruslah dapat mendukung tercapainya kompetensi yang dituntut pada abad 21 salah satunya yaitu keterampilan berpikir kreatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran orientation, identify, discussion, decision and engange in behavior (OIDDE) dan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran OIDDE. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design yang dilakukan pada satu kelompok peserta didik tanpa adanya kelas pembanding dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA MA-Al-Mubarok yang berjumlah 20 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan, keterlaksanaan model pembelajaran orientation, identify, discussion, decision and engange in behavior berlangsung sangat baik dengan rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 97% dan rata-rata keterlaksanaan aktivitas peserta didik sebesar 87%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai t_hitung sebesar 31,7 dan nilai t_tabel sebesar 2,10 (t_hitung>t_tabel) dengan taraf signifikansi 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran orientation, identify, discussion, decision and engange in behavior dengan nilai N-gain sebesar 0,76 pada ketegori tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Orientation Identify; Discussion Decision and Engange in Behavior (OIDDE); Keterampilan Berpikir Kreatif; Gerak Harmonik Sederhana |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | anna sayyidah nursamsiah |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 08:36 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 08:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/63144 |
Actions (login required)
View Item |